Penyebab dan Gejala Penyakit Degeneratif

Penyebab dan Gejala Penyakit Degeneratif – Tentu bagi anda yang tidak mengetahui, anda tentu bertanya apakah penyakit degeneratif itu ? Penyakit degeneratif adalah jenis penyakit yang menyerang seiring bertambahnya usia atau umur seseorang, dimana semakin bertambahnya umur seseorang maka semakin rentan juga terkena jenis penyakit degeneratif ini.  Untuk lebih lengkapnya , kali ini kita akan membahas tentang Penyebab dan Gejala Penyakit Degeneratif yang patut kita ketahui mengenai jenis penyakit yang satu ini.

Penyakit degeneratif mempunyai jenis yang banyak , tapi jenis yang paling umum diidap oleh penderita serta yang paling menakutkan seperti stroke, jantung, diabetes, parkinson , serta alzheimer yang merupakan jenis penyakit yang mematikan di dunia.

Penyebab penyakit degeneratif paling umum disebabkan oleh adalah adanya penurunan fungsi sel saraf secara bertahap yang seiring dengan pertambahan usia seseorang, sehingga membuat penyakit dapat menyerang secara tiba-tiba tanpa gejala dan peringatan sebelumnya, dimana pada kondisi tersebut sel saraf dapat mengalami kerusakan dari sebelumnya yang berfungsi dengan baik, bahkan jika dibiarkan sel saraf dapat sama sekali tidak berfungsi.

Beberapa penyebab umum lainnya terjadinya penyakit degeneratif ini , dapat juga seperti berikut :

  • Penyakit Degeneratif yang disebabkan adanya gangguan kesehatan pada penderita seperti penyakit gula, tekanan darah tinggi, kanker serta berbagai jenis penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Penyakit Degeneratif juga dapat disebabkan pola makan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan siap saji, maupun makanan yang banyak mengandung lemak serta gula, dan juga makanan instan serta jenis makanan lainnya yang mengandung bahan pengawet makanan.
  • Aktivitas fisik yang kurang juga dapat menyebabkan resiko akan penyakit ini, sebab fisik yang tidak terlatih sejak usia muda.
  • Kebiasaan yang tidak sehat memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan seseorang seperti jarang berolahraga, mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, penggunaan obat-obatan terlarang dan sebagainya. Seiring bertambahnya umur seseorang beberapa kebiasaan buruk tadi dapat menjadi pemicu yang serius.
  • Faktor lingkungan juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit degeneratif ini dikarenakan lingkungan yang kotor dapat menjadi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan virus serta bakteri yang dapat masuk lewat udara , makanan serta minuman.

Berbicara mengenai gejala penyakit degeneratif, penyakit ini dapat menumbulkan gejala seperti :

  1. Beberapa bagian tubuh sering gemetar seperti kaki, tangan, kepala, serta rahang umumya terjadi pada penderita berusia diatas 50 tahun.
  2. Otot terasa kaku serta rasa sakit pada persendian, dan bisa juga mengakibatkan kehilangan kelincahan dan keseimbangan ketika melakukan aktifitas dan gerakan.
  3. Perubahan mental dan perilaku yang terjadi seperti menurunnyadaya ingat, hilangnya motivasi serta bisa juga mengakibatkan depresi.
  4. Tenaga dan produktivitas yang berkurang karena merakan sudah lelah sebab usia yang tidak muda lagi.

Sekian pembahasan kita mengenai Penyebab dan Gejala Penyakit Degeneratif, sebab memiliki masa tua yang tetap sehat akan mental, fisik dan sosial merupakan harapan banyak orang.  Semoga dengan artikel ini dapat membuat kita lebih memperhatikan kondisi dan pola hidup serta menjauhi penyebab gejala generatif ini untuk masa tua yang lebih baik.