Obat Tradisional Asma Dari Hewan

Obat Tradisional Asma Dari Hewan

daging hewan untuk obat asma
daging hewan untuk obat asma

Siapa yang tidak mengenal penyakit asma? Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit kronis atau jangka panjang yang mana terjadi pada saluran pernapasan. Hal ini ditandai dengan kesulitan bernapas serta terjadi penyempitan pada saluran pernapasan yang menyebabkan penderitanya menjadi sulit untuk bernapas (sesak napas). Asma dapat dialami oleh setiap orang, tak melihat golongan, usia, dan jenis kelamin.

Meskipun belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab penyakit asma, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu munculnya asma, seperti asap rokok, bulu binatang, debu, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus, maupun paparan zat kimia. Seseorang yang menderita asma seringkali memiliki kondisi saluran pernapasan yang cenderung lebih sensitive dibandingkan orang lainnya.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap penyakit asma ini sepele, padahal penyakit asma merupakan penyakit kronis meskipun tidak menular. Menurut WHO, terdapat 235 juta orang di dunia ini yang menderita asma. Meskipun tingkat kematian penyakit asma relative lebih rendah dibandingkan penyakit kronis lainnya. namun banyak kasus kematian terutama yang berada di Negara-negara menengah yang berkaitan dengan asma. Sedangkan obat asma hanya dapat mengontrol penyakit tidak dapat menyembuhkannya.

Penyebab Asma

Meskipun belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab asma, namun ada beberapa penelitian yang menemukan faktor-faktor yang dapat memicu munculnya asma, antara lain adalah:

  • Memiliki kecenderungan mengembangkan alergi atau yang dikenal dengan atopi (AT-o-pe)
  • Memiliki riwayat orang tua yang pernah mengalami asma
  • Adanya infeksi pada saluran pernapasan tertentu ketika masa anak-naka
  • Kontak dengan allergen-alergen udara atau mengalami infeksi virus ketika usia bayi atau balita saat sistem imun tubuh mulai berkembang,

Lalu apa yang menyebabkan gejala asma bisa tiba-tiba muncul? Ada beberapa pemicu yang dapat menyebabkan serangan asma terjadi saat anda memiliki penyakit asma. Pemicu tersebut antara lain adalah:

  • Terpapar asap rokok, zat kimia, polusi udara, ataupun debu di tempat-tempat beraktivitas
  • Alergi terhadap bulu binatang, debu, serbuk sari, rumput, kecoa, jamur, dan bunga
  • Obat-obatan seperti obat anti inflamasi¬† dan lainnya.
  • Adanya kandungan sulfit di dalam makanan dan minuman
  • Infeksi virus di bagian pernapasan atas
  • Aktivitas fisik, misalnya seperti olahraga.

Penyembuhan Penyakit Asma Secara Alami

Asma tidak dapat disembuhkan namun dapat dikurangi gejala-gejalanya dengan menggunakan obat asma yang sudah diresepkan oleh dokter. Selain itu anda bisa mencoba menggunakan cara yang lebih tradisional dengan menggunakan pengobatan alternative. Ada beberapa hewan-hewan yang diyakini mampu mengatasi penyakit asma. Bagi anda yang sedang menderita asma, berikut ini beberapa obat tradisional asma dari hewan yang dapat anda coba:

  • Daging Kelinci

obat tradisional asma dari hewan
obat tradisional asma dari hewan

Daging kelinci memang banyak dikonsumsi sebagai sate kelinci dan memiliki rasa yang cukup lezat. Namun siapa snagka jika hewan lucu ini bisa digunakan sebagai daging hewan untuk obat asma.Hal ini karena daging kelinci memiliki kandungan senyawa kitotefin yang mana jika digabungkan dengan senyawa lainnya semisal lemak omega 3 dan 9 dapat menyembuhkan penyakit asma.

Secara teknis, senyawa kitotefin ini memiliki fungsi untuk membuat stabil membran sel mastotit asma yang biasanya disebabkan karena alergi. Dengan mengkonsumsi daging yang memiliki kandungan kitotefin ini akan merangsang untuk pembentukan antibody tubuh yang kemudian melekat pada sel mastori. Hal ini bisa mencegah terjadinya membran yang pecah. Membran yang pecah dapat membuat terjadi pembentukan otot-otot polos pada saluran pernapasan saat berkontraksi. Sehingga membuat saluran pernapasan menjadi sempit dan munculah gejala asma.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda akan mengolah daging kelinci tersebut. Jika anda mengolahnya dengan sembarangan, maka dapat menyebabkan kadar kotitefin di dalamnya dapat berkurang bahkan hilang. Sehingga cara memasak yang baik adalah dengan tidak mengolahnya dengan suhu yang terlalu panas. Suhu yang disarankan dalam mengolah daging kelinci ini adalah tidak melebihi 150 derajat celcius.

  • Daging Kelelawar

Daging kelelawar juga dapat anda jadikan sebagai obat tradisional asma dari hewanyang ampuh dan efektif. Menurut penelitian, sama halnya dengan daging kelinci, daging kelelawar juga memiliki kandungan kitotefin yang mana dapat menyembuhkan penyakit asma. Sehingga bagi anda yang menderita asma, sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging ini. untuk mengolahnya, anda bisa menggoreng dengan temperature tertentu yang tidak melebihi dari 150 derajat celcius.

Dalam memasak daging kelelawar (kalong) ini, anda bisa memasak keseluruhnya kecuali pada bagian sayap. Bagian kaki dan sayap kalong harus dibuang. Selain digoreng, cara baik lainnya adalah dengan direbus. Selain cara-cara tersebut, anda bisa menggunakan hati kalong dan dimasak seperti halnya anda mengolah hati ayam. Setelah itu konsumsi secara teratur dan anda juga bisa menjadikannya sebagai menu makanan sehari-harinya.

  • Bekicot

obat penyakit asma dari hewan
obat penyakit asma dari hewan

Saat ini bekicot seringkali dimanfaatkan dalam dunia kencatikan. Kandungan lendirnya membuat kulit menjadi tampak sehat dan cantik tanpa membutuhkan perawatan yang mahal. Selain itu, bekicot juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yaitu obat penyakit asma dari hewan. Banyak orang yang meyakini jika mengkonsumsi daging bekicot dapat menyembuhkan penyakit asma.  Untuk pengolahannya pun tidak sulit, anda cukup menyiapkan beberapa bekicot dan kemudian keluarkan dari cangkang. Setelah itu anda bisa mengolahnya sesuai selera anda, entah itu di goreng atau di tumis dan dikonsumsi secara rutin.

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang pasti yang dapat membuktikan adanya zat-zat di dalam daging bekicot yang dapat menyembuhkan asma, namun pada beberapa kasus-kasus penyakit asma, daging bekicot dapat menyembuhkan penyakit asma jika dikonsumsi secara rutin

  • Daging Kuda

binatang obat penyakit asma
binatang obat penyakit asma

Daging hewan untuk penyakit asmalainnya adalah daging kuda. Saat gejala asma menyerang, biasanya akan membuat penderitanya merasa sesak karena penyakit yang kambuh. Untuk mengolah daging kuda, anda bisa mencoba memasaknya dengan cara digoreng seperti daging-daging umumnya. Anda juga dapat menjadikannya sebagai makanan utama yang dilengkapi sambal dan nasi hangat. Dengan mengkonsumsi secara rutin, diyakini gejala asma tidakd apat kambuh lagi.

  • Undur-Undur

Bagi anda yang belum mengetahui hewan undur-undur, hewan yang satu ini merupakan hewan dengan jalan yang unik karena mundur ke belakang. Biasanya hewan undur-undur hidup di daerah yang berdebu dan berpasir. Sarangnya berbentuk seperti Bundaran dengan adanya cekung di bagian tengahnya. Daging undur-undur digunakan sebagai pakan burung karena dapat membuat burung menjadi cepat besar dan bersuara nyaring.

Diyakini undur-undur dapat menjadi binatang obat asma karena dapat mengatasi pembengkakan yang terjadi pada paru-paru yang menjadi penyebab penyakit asma.

Meskipun tergolong berukuran kecil dan jarang sekali untuk dikonsumsi, namun daging undur-undur memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya mengobati penyakit asma namun juga dapat membantu menyembuhkan penyakit lainnya seperti asam urat, asma, diabetes, dan penyakit lainnya.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya? Anda dapat menggunakan 1 capsule yang kosong dan kemudian memasukkan undur-undur ke dalam capsule tersebut. Saat dikonsumsi, undur-undur harus dalam keadaan hidup agar khasiatnya tidak berkurang.

Nah itu tadi beberapa obat tradisional asma dari hewan yang bisa anda coba. Cobalah untuk mengkonsumsi salah satunya secara teratur sehingga gejala-gejala asma yang sering muncul dapat berkurang dan membuat pernapasan anda menjadi lebih lega dari sebelumnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.