Obat Alami Rambut Rontok Parah

Obat Alami Rambut Rontok Parah – Rambut yang mengalami kerontokan pasti akan membuat seseorang jauh dari rasa percaya diri. Rambut rontok sangat mengganggu penampilan seseorang yang kemungkinan bersar juga berakibat pada pergaulan dan karirnya. Banyak faktor yang menjadi pemicu kerontokan rambut parah selain penyakit. Ya, banyak juga jenis penyakit yang bisa menyebabkan kerontokan rambut parah seperti kanker misalnya. Kurang memperhatikan nutrisi pada rambut atau kesalahan saat memilih jenis shampoo juga bisa menjadi faktor pemicu kondisi tersebut.

obat rambut rontok paling ampuh
obat rambut rontok paling ampuh

Secara umum, kerontokan rambut yang sudah terbilang parah adalah sebab dari rapuhnya akar rambut pada kulit kepala. Kerapuhan akar rambut inilah yang kemudian menjadi akut jika tidak segera diatasi dengan cara yang tepat. Bagi anda yang tengah mengalami kerontokan rambut parah, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu akar rambut kuat kembali. Beberapa bahan untuk obat alami rambut rontok parah akan dibahas pada ulasan berikut ini.

1. Lidah Buaya

Tidak bisa dipungkiri manfaat lidah buaya yang sudah menjadi obat alami rambut dari zaman dulu hingga sekarang. Manfaar alami lidah buaya ini juga sangat dianjurkan oleh pakar rambut untuk digunakan sebagai obat pembasmi kerontokan rambut.

Sediakan lidah buaya beberapa bagian saja (sesuai dengan tebal rambut anda), cuci bersih kemudian kupas kulitnya. Sisakan gel lidah buaya dan oleskan pada rambut setengah  basah. Pijat perlahan sambil aplikasikan gel pada bagian kulit kepala dan diamkan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam lidah buaya berfungsi untuk menguatkan akar rambut.

2. Daun Teh

Daun teh kering juga bermanfaat untuk mengatasi rambut yang rontok. Anda bisa menyediakan jenis teh apa saja yang daunnya sudah dikeringkan terlebih dulu. Teh hijau atau teh hitam adalah jenis teh yang mengandung antioksidan alami yang bisa berfungsi sebagai nutrisi kulit kepala. Seduhlah daun teh tersebut dengan air panas dan diamkan semalaman (teh bari). Pakailah rendaman teh tersebut saat keesokan harinya sebelum keramas, pijat perlahan dan diamkan 10 menit kemudian keramas seperti biasa. Resep ini aman digunakan setiap hari dan dapatkan rambut kuat secara alami.

3. Buah Alpukat

Kandungan vitamin E yang ada dalam buah Alpukat sangat efektif untuk meningkatkan kesuburan rambut sekaligus sebagai regenerasi sel kulit masti. Penggunaan alpukat sebagai obat alami mengatasi kerontokan rambut bisa anda gunakan dengan cara menjadikannya pasta terlebih dulu. Hancurkan daging buah alpukat yang segar, kemudian oleskan perlahan pada rambut dan kulit kepala (penggunaannya sama dengan memakai masker). Pijat perlahan kemudian tutup kepala menggunakan handuk hangat, dan diamkan 20 menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir.

4. Handuk Lemon

Bahan yang harus disediakan:

  • Handuk berukuran sedang yang kira-kira mampu menutupi seluruh bagian kulit kepala dan rambut
  • Lemon segar sebanyak 5 buah, peras airnya
  • Sediakan air panas, dan seduh perasan lemon menggunakan air panas di dalam baskom
  • Celupkan atau rendam handuk di dalam larutan tersebut selama beberapa saat
  • Setelah hangat, ambil pelan-pelan handuk kemudian gunakan untuk membungkus kulit kepala
  • Diamkan hingga handuk dingin dan bilas kulit kepala hingga bersih

Uap dari lemon tersebut akan membantu terserapnya vitamin C yang mampu menekan sel kulit mati agar tidak menjadi kotoran yang akan membuat akar rambut rapuh. Kandungan efektif lemon juga berfungsi menguatkan akar rambut dengan memberinya nutrisi. Dengan uap lemon yang hangat tersebut maka kandungannya akan lebih efektif menutrisi kulit kepala, selain itu juga mengurangi keringat di bagian kulit kepala yang bisa menjadi pemicu bau tidak sedap.

5. Minyak Kelapa

Mengurangi kerontokan rambut yang parah juga bisa menggunakan bahan berupa minyak kelapa. Disarankan agar anda membuat sendiri minyak kelapa ini dari pada harus membeli di pasaran. Sediakan kelapa yang sudah agak tua, kemudian kupas dan sangrai terlebih dulu. Hancurkan kelapa bisa dengan diparut atau ditumbuk halus hingga keluar minyaknya. Minyak tersebut mungkin hanya akan keluar beberapa sendok makan saja, gunakan kemudian untuk mengoles kulit kepala anda dan pijat perlahan. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan keramas seperti biasa.

Minyak kelapa mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami kulit kepala. Minyak kelapa juga berfungsi untuk mengatasi kulit kepala yang kering dan memicu banyaknya ketombe. Sehingga penggunaan minyak kelapa sebagai obat alami untuk menyehatkan rambut akan membuat rambut anda tumbuh hitam, kuat dan lebat.

6. Kemiri

Jika selama ini kita mengenal kemiri sebagai bahan alami yang bisa menghitamkan rambut, ternyata manfaat lain bisa juga diperoleh dari bumbu dapur yang satu ini. Kemiri mengandung mineral dan vitamin yang bisa menguatkan akar rambut terutama akar yang berbatasan langsung dengan tumbuhnya rambut. Rambut anda bisa bebas dari rontok dengan melakukan perawatan kemiri ini secara rutin.

Caranya, sediakan 10 butir kemiri yang utuh dan sangrai tanpa minyak. Tumbuk kemiri dan keluarkan minyaknya dengan cara memerasnya menggunakan kain kasa. Setelah dihasilkan beberapa sendok minyak kemiri, campurkan dengan garam halus dan aduk rata. Oleskan pada bagian kulit kepala dan biarkan semalaman, lalu cuci dengan keramas pada keesokan harinya.

7. Santan

Bahan yang harus disediakan untuk membuat rambut semakin kuat menggunakan santan, adalah sebagai berikut:

  • Sediakan santan murni (santan kani atau santan yang dihasilkan dari perasan kelapa pertama kali. Sebanyak 100 ml.
  • Tanpa campuran apapun, siramkan perlahan pada kulit kepala yang sudah dibasahi dengan air hangat terlebih dulu
  • Setelah itu pijat kulit kepala dan diamkan selama 1 jam agar nutrisinya meresap secara maksimal.
  • Bilas dengan air dingin hingga bersih

Bagi sebagian besar orang, santan sudah kaya akan kandungan nutrisi yang diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Kadar kelembaban pada kulit kepala yang sudah berangsur kering bisa kembali normal dengan pemakain rutin santan sebagai nutrisi tambahan bagi kulit kepala. Santan juga bermanfaat sebagai bahan alami yang bisa melembutkan rambut dan kilau rambut  semakin hitam alami.

8. Rempah-Rempah

Pernahkah berpikir bahwa ternyata rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat besar untuk menguatkan akar rambut? Nah, anda bisa memanfaatkan salah satu jenis rempah yaitu jahe untuk menghilangkan problem anda tentang rambut rontok.

Bahan dan cara :

  • Siapkan beberapa ruas jahe, umumnya 3 ruas jahe, kupas dan cuci bersih
  • Tumbuk jahe dan tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya
  • Ratakan ramuan tersebut pada kulit kepala dan lakukan pijat ringan
  • Meski awalnya akan terasa perih, namun tidak masalah selama di kulit kepala tidak terdapat luka.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pendukung regenerasi sel kulit mati akan berpadu dengan vitamin C pada jeruk nipis untuk menghilangkan kotoran yang ada di kulit kepala. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan rambut semakin kuat.

9. Yoghurt dan Madu

Yoghurt dan madu merupakan paduan dua bahan berkhasiat yang bisa dibuktikan hasilnya secara ilmiah. Ternyata kedua bahan ini juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok lho! Anda bisa membuat masker rambut alami yang terbuat dari 3 sendok makan yoghurt tanpa rasa yang dicampur dengan 2 sendok makan madu alami. Aplikasikan pasta tersebut pada rambut mulai dari kulit kepala hingga setiap helai rambut. Diamkan selama satu jam, bila perlu tutup dengan handuk hangat kemudian bilas hingga bersih.

Yoghurt bermanfaat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan melembutkan rambut, sehingga penggunaan secara rutin akan menjadikan rambut semakin kuat, dan tebal. Bonusnya, rambut juga akan terasa lembut karena kandungan yang dimiliki oleh madu.

Normalnya, kerontokan rambut akan terjadi setiap hari. Akan tetapi berbeda-beda pada setiap orang. Pada kondisi rambut dan akar rambut yang normal, minimalnya rambut akan rontok sebanyak 14 helai per hari. Jika sudah berlebihan dan berlangsung selama lebih dari seminggu, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter untuk diketahui penyebab utamanya.

Demikian artikel informatif tentang obat alami rambut rontok parah yang semoga bermanfaat bagi anda!