Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Menghilangkan jerawat batu

Jerawat batu atau dalam bahasa medis disebut dengan cystic acne merupakan tipe jerawat yang paling sering menjadi penyebab keresahan baik para remaja maupun orang dewasa yang memiliki tipe jerwat jenis ini. Jerawat batu terasa sangat nyeri dan mengganggu karena perlukaan dan reaksi peradangan di wajah tampak mengganggu secara estetika dan sulit dihilangkan.

Jerawat batu muncul pada awalnya ditandai dengan munculnya jerawat biasa dan sisa – sisa sel kulit mati yang menyumbat pori- pori. Bakteri yang terperangkat di dalam pori – pori akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bengkak.

Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami
Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Jerawat batu terjadi akibat adanya infeksi yang terjadi semakin mendalam di dalam kulit akibat tidak diatasi dengan baik, kemudian muncllah kemerahan, benjolan – benjolan kecil di wajah yang teraba lunak dan didalamnya terdapat nanah. Jerawat batu selain menimbulkan rasa nyeri, terkadang juga rasa gatal. Apabila cairan berupa nanah di dalam benjolan kecil tersebut pecah, infeksi dapat menyebar ke seluruh bagian wajah dan menimbulkan perlukaan pada wajah yang dapat semakin parah bila tidak segera diatasi.

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu adalah sebagai berikut:

  • Kebersihan yang kurang terjaga. Kebersihan tangan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Tangan terkadang tidak sengaja menyentuh wajah meskipun dalam keadaan kotor, tangan yang kotor kemudian menyentuh wajah, maka kuman – kuman yang terdapat di tangan akan berpindah ke wajah. Kuman, minyak, dan kotoran yang ada di wajah menjadi tempat paling nyaman untuk kuman – kuman bertahan hidup dan membuat keadaan jerawat menjadi semakin parah, dan menjadi jerawat batu (jerawat batu ditandai adanya nanah di dalam jerawat sebagai tanda adanya bakteri.
  • Melewatkan kebiasaan mencuci muka. Sejak remaja, produksi minyak semakin meningkat seiring dengan adanya pengaruh hormon dan meningkatnya aktivitas yang dilakukan di luar rumah, wajah yang berminyak serta debu – debu dan kotoran yang menempel akan menetap di wajah jika tidak segera dibersihkan, apabila seseorang telah terbiasa tidak mencuci wajah dengan bersih, maka kotoran dan kuman – kuman yang menumpuk akan berkembang menjadi jerawat, lama – kelaman jerawat ini akan berkembang menjadi jerawat batu. Biasakanlah membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, dan sebelum tidur. Gunakan sabun pencuci wajah yang cocok di kulit, tidak mengandung bahan kimia berbahaya (dapat dibaca dari komposisi suatu produk dan surat izin dari badan kosmetik dan obat – obatan mengingat sekarang marak beredar kosmetik dan skin carepalsu di pasaran).
  • Tidur dengan keadaan wajah menempel pada bantal atau sprei yang kotor

Ketika tidur, saat itulah kulit melakukan proses istirahat, penenangan, dan peremajaan, olh karena itu disarankan sebelum tidur mencuci muka terlebih dahulu, dan melakukan rutinitas pemberian skin care pada wajah untuk membantu proses penyehatan kulit wajah. Namun, keadaan sebaliknya akan terjadi apabila seseorang memiliki kebiasaan tidur dengan wajah menempel pada sprei dan bantal yang kotor. Pada kain yang kotor, bakteri dan kuman lainnya akan menempel dan mengendap dalam jangka waktu yang lama. Hal ini apabila dilakukan terus menerus setiap malam dapat memicu munculnya jerawat dan memperparah keadaan jerawat yang sebelumnya telah ada.

  • Keringat

Remaja atau wanita dan pria yang sedang dalam usia produktif memiliki banyak sekali aktivitas di luar ruangan yang menyebabkan produksi minyak di wajah meningkat. Keadaan panas baik karena cuaca maupun aktivitas yang dilakukan, akan memproduksi keringat di wajah yang dapat menjadi sumber kuman yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi jerawat.

  • Memecahkan jerawat dengan cara yang tidak gentle dan steril akan menciptakan perlukaan di wajah dan area sekitar wajah yang ditumbuhi jerawat, memecahkan jerawat apabila tidak dilakukan oleh terapis profesional akan membuat infeksi yang terjadi akan semakin dalam dan menimbulkan iritasi pada wajah dan apabila terjadi perlukaan di wajah akibat prosedur yang kurang hati – hati, dapat membuat munculnya jaringat parut di wajah sehingga memperparah keadaan.
  • Stress

Beban pikiran dan urusan yang harus dilakukan dalam waktu dekat akan menimbulkan perasaan tertekan dari dalam diri seseorang, perasaan yang tidak nyaman tersebut akan membuat seseorang menjadi lebih mudah stress dan apabila tingkat stress telah mencapai tingkat tinggi, manifestasinya akan muncul di kulit wajah yang dapat terlihat dengan munculnya jerawat pada wajah.

Beberapa cara alami berikut dapat dicoba untuk mengatasi jerawat batu pada wajah: 

  1. Menggunakan temulawak

Kandungan kurkumin dalam temulawak dapat berperan sebagai anti inflamasi termasuk pada wajah. Lakukanlah hal berikut:

  • Haluskan temulawak hingga konsistensinya menjadi halus
  • Campurkan 1 sendok makan bubuk temulawak tersebut dengan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam wadah berukuran kecil
  • Campuran keduanya kemudian diaduk hingga merata dan konsistensinya berubah menjadi seperti pasta yang dapat diaplikasikan ke wajah
  • Setelah rata dan dipastikan campurna tersebut tidak lagi menggumpal, oleskan ke seluruh wajah atau dapat ditotolkan ke daerah jerawat batu saja (pastikan wajah sudah dibersihkan sebelumnya
  • Diamkan selama 15 menit, cuci kembali wajah dengan air bersih
  • Ulangi prosedur ini sebanyak dua kali sehari sampai hasil yang diinginkan mulai terlihat
  1. Menggunakan batu es.

Sebelum menyapukan kosmetik ke wajah, seringkali wanita menaruhkan batu es terlebih dahulu ke sekitar wajah, hal ini dipercaya dapat memberikan efek dingin pada wajah dan meredakan gejala akut peradangan. Lakukanlah cara berikut:

  • Bersihkan wajah menggunakan air biasa terlebih dahulu, kemudian keringkan wajah dengan kain bersih
  • Ambil 1 batu es kecil (dapat dibuat dengan membekukan air bersih ke dalam cetakan batu es yang berbentuk kotak – kotak kecil) dan letakkan ke jerawat batu yang ada di wajah
  • Buatlah gerakan melingkar di sekitar area jerawat untuk meredakan gejala peraangan pada jerawat tersebut.
  • Lakukan hal tersebut sampai batu es kecil tersebut mencair
  • Ulangi setiap hari, dapat dilakukan kapanpun
  1. Menggunakan minyak dari daun teh (tea tree oil)

  • Gunakan lidi kapas untuk mengoleskan tea tree oilke area di sekitar wajah yang timbul jerawat batu (tea tree oil dapat didapat dengan cara dibeli di toko yang menawarkan produk skin care original)
  • Biarkan minyak mengering dalam semalam
  • Keesokan harinya, cuci bersih wajah menggunakan air hangat
  • Ulangi hingga didapatkan hasil yang diinginkan
  1. Memanfaatkan uap air

Pori- pori yang tersumbat dapat direlaksasi menggunakan uap dari air hangat yang diletakkan di dalam wadah berukuran besar, selain dapat membersihkan kulit wajah dari minyak, debu, dan bakteri yang terjebak di dalam pori yang kemudian menyebabkan infeksi dan peradangan. Lakukanlah hal berikut:

  • Tuangkan air hangat pada satu wadah baskom yang agak besar, dekatkan wajah hingga uap air mengenai wajah selama beberapa menit

Bilas wajah dengan air hangat kuku, dan setelah kering, aplikasikan pelembab yang tidak mengandung minyak pada seluruh permukaan wajah