Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan – Siapa yang tidak tahu yogurt? Yogurt adalah salah satu produk dari susu yang paling populer, yogurt yang memiliki tekstur yang agak kental hampir menyerupai krim dan ada juga yang berbentuk susu yogurt. Yogurt memiliki rasa masam ini menjadi favorit kebanyakan orang. Yogurt ini merupakan salah satu makanan probiotik yang dibuat dengan fermentasi dan menambahkan bakteri baik.

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

manfaat yoghurt untuk pencernaan
manfaat yoghurt untuk pencernaan

Ada yogurt tawar atau yang sering kita sebut dengan plain yogurt. Sekarang juga banyak yogurt yang sudah diberi perasa bervariasi seperti rasa buah-buahan sehingga yogurt semakin digandrungi terutama oleh anak-anak. Kali ini kami akan membahas mengenai yogurt atau lebih tepatnya kami akan membahas manfaat yogurt untuk kesehatan. Ini dia informasi lengkapnya untuk Anda :

Baik untuk pencernaan

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari minum yogurt adalah kita akan mendapatkan sistem pencernaan yang baik. Yogurt sendiri merupakan produk olahan susu dimana mengandung bakteri hidup yang baik yaitu probiotik. Kandungan probiotik itu sangat baik untuk pencernaan kita. Beberapa bakteri yang bisa kita temukan di dalam susu fermentasi itu seperti misalnya Lactobacillusdan juga Bifidobacteriamenunjukkan jika bakteri itu baik untuk menjaga kesehatan usus kita sehingga kita bisa terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan. Selain itu dari beberapa penelitian yang dilakukan kepada penderita IBS atau yang dikenal dengan Irritabel Bowel Sindrom setelah mengkonsumsi susu fermentasi atau yogurt selama beberapa minggu menunjukkan perkembangan yang baik. Beberapa jenis bakteri yang terkandung di dalam yogurt terbukti bisa melancarkan pencernaan kita dan menjaga kesehatan usus kita yang akhirnya bisa mencegah beberapa gangguan seperti misalnya diare, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Mencegah osteoporosis

Mulai sekarang sebaiknya Anda mengkonsumsi yogurt karena ternyata yogurt memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya mengandung bakteri baik probiotik saja ya, yogurt juga mengandung beberapa kandungan penting seperti misalnya kandungan kalsium, protein, vitamin D, dan juga pottasium karena ia juga terbuat dari susu. Vitamin dan mineral yang bisa kita temukan di dalam yogurt itu ternyata bisa membantu kita untuk mencegah osteoporosis yaitu kekeroposan pada tulang. Karena jika kita sampai mengalami osteoporosis maka tulang akan menjadi keropos dan mudah mengalami patah tulang. Orang yang mengalami penyakit yang satu ini memiliki resiko untuk mengalami kerusakan tulang, jadi sejak dini kita harus mencegah supaya tidak mengalami osteoporosis karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Oleh karena itu mulai dari sekarang seringlah konsumsi yogurt karena bisa membantu menjaga kesehatan tulang Anda dan bisa mencegah Anda untuk mengalami osteoporosis.

Membantu mengatur berat badan

Semua orang tentu saja menginginkan berat badan yang ideal bukan? Banyak orang yang melakukan diet untuk mencapai tujuan mereka yaitu mendapatkan berat badan sesuai dengan keinginan mereka. Yogurt ternyata juga baik untuk diet Anda, mungkin infromasi ini masih belum diketahui karena banyak orang yang berpikir jika yogurt itu terbuat dari susu sapi sehingga tak baik untuk diet. Yogurt memiliki beberapa kandungan baik yang bisa membantu kita untuk mengatasi atau membantu mengatur berat badan kita, hal ini karena di dalam yogurt sendiri terkandung protein dan juga kalsium yang bisa meningkatkan hormon seperti peptide YY dan GLP-1. Beberapa studi dan penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan jika ternyata yogurt memiliki dampak dalam menurunkan berat badan seseorang. Hal itu karena di dalam yogurt sendiri tinggi nutrisi dan rendah kalori sehingga bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Jadi sekali-sekali konsumsilah yogurt di dalam diet Anda.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat yogurt untuk kesehatan yang keempat adalah ternyata juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita. Seperti yang sudah kita ketahui jika yogurt merupakan salah satu makanan yang mengandung probiotik. Nah probiotik yang terkandung di dalam yogurt itu ternyata bisa membantu kita untuk memperbaiki sistem imun tubuh kita. Probiotik itu ternyata bisa kita gunakan untuk menangkal berbagai macam virus yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Yogurt juga mengandung berbagai macam kandungan seperti misalnya magnesium, selenium, zinc, yang mana kandungan-kandungan senyawa itu penting karena mengambil peran dalam sistem imun tubuh manusia. Selain itu vitamin D yang terkandung di dalam tubuh juga bisa meningkatkan sistem imunitas kita karena vitamin D memiliki manfaat untuk mengatasi virus seperti misalnya flu dan batuk. Jadi jika ingin tubuh tetap fit dan tidak terserang berbagai macam penyakit maka kita harus sering mengkonsumsi yogurt ya. Lebih baik lagi jika kita mengkonsumsi yogurt yang plain atau tawar maka manfaatnya untuk tubuh pasti akan lebih terasa.

Menjaga kesehatan jantung

Jika kita mengkonsumsi yogurt secara rutin maka kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari yogurt. Mungkin banyak orang yang tidak suka atau tidak mengkonsumsi yogurt karena mengira yogurt itu juga produk dari susu sapi yang notabene bisa membuat tubuh menjadi gemuk jika kebanyakan mengkonsumsinya. Karena berpikir banyak kalori dan lemak yang ada di dalam yogurt. Banyak yang mengira jika lemak adalah salah satu sumber dari penyakit jantung, namun research baru-baru ini membuktikan jika lemak bukanlah salah satu penyebab penyakit jantung. Tidak ada penelitian yang membuktikan jika lemak yang ada di dalam yogurt itu menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Sebaliknya, lemak yang ada di dalam yogurt itu justru memberi manfaat bagi kesehatan kita. Yogurt yang kita konsumsi itu telah menunjukkan dampak yang baik yaitu bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang dimana merupakan penyebab utama penyakit jantung. Dengan kata lain dengan konsumsi yogurt maka kita bisa menjaga kesehatan jantung sehingga kita bisa mencegah terjadinya beberapa masalah pada jantung seperti misalnya serangan jantung dan juga jantung koroner.

Memiliki kadar protein yang tinggi

Manfaat terkahir yang bisa kita dapatkan dari yogurt adalah yogurt memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk memenuhi nutrisi tubuh kita. Yogurt sendiri mengandung banyak protein yaitu sekitar 12 gram protein per 200 gram yogurtnya. Seperti yang sudah kita semua ketahui jika salah satu komposisi penting untuk tubuh kita adalah protein, protein sangatlah diperlukan untuk tubuh tepatnya digunakan untuk mendukung metabolisme tubuh. Oleh karena itu mengapa kita harus memerlukan protein yang cukup sehingga metabolisme kita bisa berjalan dengan baik. Yogurt terutama jenis greek atau yogurt Yunani memiliki kandungan yang tinggi proteinnya yang membantu untuk mengontrol berat badan kita.

Itulah beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi yogurt. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang ada di atas maka Anda harus mengkonsumsi yogurt secara rutin ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!