Manfaat Madu untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal madu? Cairan bertekstur kental seperti sirup yang manis ini adalah hasil produksi dari lebah. Madu sejak dulu memang sudah terkenal memiliki beragam manfaat. Mulai dari manfaat untuk kecantikan hingga manfaat untuk kesehatan kita. Selain beberapa manfaat itu madu juga bisa dijadikan sebagai pemanis alami yang lebih aman daripada gula.

Beberapa penderita penyakit tertentu memang disarankan untuk menggunakan madu sebagai pemanis karena madu memang selain manis juga berkhasiat bagi tubuh kita. Bagi kita yang mungkin masih meragukan khasiat madu maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada kalian lengkap seputar manfaat madu untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari madu alami :

  1. Menyembuhkan batuk
madu dapat menyembuhkan batuk
@alvarezhealthcare

Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mungkin sangat mengganggu kita. Ketika batuk itu menjadi membandel maka mungkin kita juga akan kesulitan untuk tidur karena setiap malam kita akan merasa terganggu karena batuk itu. Terutama pada anak-anak tentu saja kita akan merasa sangat kasihan jika mereka sampai mengalami batuk. Jika ingin batuk segera sembuh maka kita bisa memanfaatkan madu sebagai solusinya.

Menurut studi yang dilakukan Penn State Collage of Medicine pada tahun 2007 lalu, madu sangat efektif dalam menyembuhkan batuk. Hal ini bisa terjadi karena kandungan dekstrometrofan yang ada di dalam madu dapat meringankan batuk dan membuat tidur menjadi lebih mudah. Oleh karena itu kita disarankan untuk konsumsi 2 sendok teh madu murni sebelum tidur.

  1. Menghilangkan jerawat
madu dapat menghilangkan jerawat
madu dapat menghilangkan jerawat

Siapa yang tidak sebal dengan jerawat? Gangguan kulit yang satu ini seringkali sangat mengganggu ketika sudah muncul di wajah, bahkan sering membuat kita menjadi sangat tidak percaya diri. Jerawat ini membuat wajah kita jua akan ada bekas jerawat yang mungkin sulit hilang sehingga membuat wajah tak lagi mulus. Untuk mengatasinya maka kita bisa menggunakan madu karena madu mengandung suatu senyawa anti bakteri yang dapat membantu kita untuk membunuh bakteri P.Acne yang mengatasi jerawat dan noda kemerahan bekas jerawat.

Jika mungkin obat-obatan tak mempan maka kita bisa mencoba madu karena sifat alamiah nya takkan menimbulkan efek samping. Caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu mengoleskan madu pada jerawat dan diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat perlahan.

  1. Menghilangkan luka
madu dapat menghilangkan bekas luka
madu dapat menghilangkan bekas luka

Manfaat dari madu yang ketiga adalah bisa digunakan untuk menghilangkan luka. Menurut penelitian khusus yang dilakukan di Norwegia, kandungan di dalam madu alami bisa membantu kita untuk membunuh berbagai macam bakteri yang ada di dalam luka. Selain itu pasien-pasien yang mengalami luka seperti borok setelah diberi penanganan dengan madu terbukti 80% segera sembuh dari luka boroknya itu.

Padahal sebelumnya tidak berhasil menggunakan obat-obatan konvensional. Oleh karena itu bagi kita yang mengalami luka dan ingin segera sembuh maka bisa memanfaatkan madu untuk mengatasinya, hanya dengan mengoleskan madunya saja pada luka yang ada di sana.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
madu memperkuat sistem kekebalan tubuh
@andiayuutia

Tidak hanya bisa menyembuhkan luka saja, madu juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan karena bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Berbagai macam penelitian mengenai manfaat madu untuk sistem kekebalan tubuh menghasilkan hasil yang sangat luar biasa. Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, madu berperan sangat penting dalam penyembuhan tubuh.

Selain itu terbukti juga kandungan di dalam madu bisa menangkal beberapa virus penyebab penyakit dan bisa menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu jika tubuh ingin tetap fit maka sebaiknya kita menjaganya dengan konsumsi madu tiap hari.

  1. Bisa mencegah diabetes
madu mencegah penyakit diabetes
@diabetic.soles

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan yang ada di dunia ini. Penderita diabetes memiliki kelainan dalam mengatur kadar gula darah karena hormon insulinnya tak bisa berfungsi dengan cukup baik. Tidak hanya pengaruh hormon insulin saja ya, konsumsi makanan yang manis bisa menjadi juga penyebab diabetes.

Oleh karena itu jika kita tak ingin menderita penyakit diabetes maka kita harus mengganti gula dengan yang lainnya. Banyak para ahli menyarankan supaya kita mengganti gula dengan madu karena indeks glikemiks madu lebih rendah daripada madu. Jika mengganti gula dengan madu maka resiko terkena diabetes tentu saja juga akan berkurang bukan?

  1. Mencegah kanker dan tumor
madu dapat mencegah kanker dan tumor
madu dapat mencegah kanker dan tumor

Ternyata madu sangat-sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, selain beberapa manfaat yang kita sebutkan diatas tadi. Madu juga bisa dijadikan untuk mencegah kanker dan tumor. Menurut beberapa penelitian yang diadakan, madu mengandung zat anti tumor yang dapat mencegah terjadinya tumor dan ada senyawa antimutagenic yang dapat mencegah masuknya zat berbahaya ke dalam tubuh kita sehingga bisa mencegah terjadinya kanker.

Karena manfaat madu yang sangat luar biasa ini sebaiknya kita konsumsi madu setiap harinya karena bisa mencegah dari kanker dan tumor. Cukup jadikan madu sebagai pengganti gula atau mungkin konsumsi madu murni setiap pagi hari.

  1. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
madu dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi
madu dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi merupakan sumber berbagai macam penyakit. Jika kita mengalami kolesterol tinggi maka kita akan terkena berbagai macam penyakit yang kronis misalnya seperti stroke, serangan jantung, diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kandungan senyawa aktif dan antioksidan di dalam madu bisa membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Selain itu sudah dilakukan beberapa survei, orang yang mengkonsumsi madu secara rutin setiap hatinya terbukti mengalami penurunan kadar kolesterol sebanyak 8%, itu artinya resiko terkena penyakit kronis juga berkurang. Sudahkan kalian konsumsi madu setiap hari? Manfaatnya sangat besar untuk kesehatan!

  1. Mencegah penuaan dini
madu dapat mencegah penuaan dini
madu dapat mencegah penuaan dini

Siapa yang tidak ingin awet muda walau mungkin usia sudah semakin bertambah? Jika ingin wajah tetap menjadi awet muda sebaiknya kita harus segera menjalani berbagai macam perawatan untuk wajah kita. Berbagai cara kini bisa kita jalani untuk mencegah penuaan dini, salah satunya adalah dengan menggunakan madu.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu baik untuk mencegah penuaan dini, caranya hanya dengan mencampurkan beberapa sendok madu dan perasan jeruk lemon. Campur hingga merata oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
madu dapat menurunkan tekanan darah tinggi
madu dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi maka tenang saja, tidak usah khawatir jika tekanan darah naik. Seperti yang kita ketahui tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Madu bisa menjadi jawaban untuk menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini karena kandungan antioksidan yang bisa membantu meringankan turunnya tekanan darah. Studi menjelaskan jika orang yang rutin konsumsi madu tiap hari akan memiliki tekanan darah yang normal.

  1. Menjaga kesehatan hati
madu dapat menjaga kesehatan hati
madu dapat menjaga kesehatan hati

Madu sangat kaya dengan kandungan senyawa seperti fenol dan antioksidan yang bisa mencegah terjadinya gangguan pada hati. Senyawa baik yang ada di dalam madu terbukti bisa melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit lainnya. Bagi yang memiliki masalah dengan liver maka sebaiknya konsumsi madu secara rutin di pagi dan malam hari.

Itu dia beberapa manfaat madu untuk kesehatan yang mungkin jarang kita ketahui. Setelah ini masihkah kalian meremehkan madu? Namun tetap saja untuk bisa mendapatkan itu semua sebaiknya kita memilih madu yang asli ya, harus tahu bagaimana beda madu asli dan madu palsu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua!