Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan rahasia lagi jika olahraga merupakan salah satu cara supaya tubuh kita tetap sehat. Olahraga ini bisa membuat kita awet muda dan membuat kita menjadi tetap fit. Namun sayangnya banyak sekali masyarakat yang tidak sadar manfaat dari olahraga bagi kesehatan mereka dan seringkali mengabaikan olahraga.

waktu yang tepat untuk lari pagi
waktu yang tepat untuk lari pagi

Alasannya karena tidak bisa olahraga dan tak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal waktu olahraga itu penting sekali karena bisa membuat kita menjadi sehat. Semua olahraga tidak selalu sulit, banyak olahraga yang simpel yang bisa kita lakukan ya. Olahraga itu adalah lari pagi, berikut ini adalah manfaat lari pagi bagi kesehatan kita. Berikut adalah informasi lengkapnya untuk Anda!

  1. Memperkuat tulang
manfaat lari pagi untuk kesehatan tulang
manfaat lari pagi untuk kesehatan tulang

Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika lari pagi yang merupakan olahraga yang simpel itu bisa meperkuat tulang kita. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang pernah dilakukan di Universitas Missouri, penelitian dilakukan terkait dengan lari pagi. Mereka membandingkan kepadatan tulang dari para pesepeda dan orang yang rutin melakukan lati pagi.

Hasilnya adalah skeitar 63% pesepada memiliki kepadatan tulang yang tidak lebih baik daripada seorang yang rajin berlari pagi. Walau mungkin orang yang rajin bersepeda juga bisa memperkuat tulang mereka namun orang yang rutin berlari setiap paginya bisa memperkuat tulang mereka. Oleh karena itu jika Anda ingin memiliki tulang yang kuat maka tidak ada salahnya untuk rajin lari pagi setiap harinya. Tidak usah jauh-jauh Anda bisa lari keliling rumah atau kompleks perumahan Anda.

  1. Menjaga kesehatan jantung
lari pagi menjaga kesehatan jantung
lari pagi menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang kedua yang bisa kita dapatkan dari lagi pagi adalah kesehatan jantung yang akan terjaga dengan baik. Hal ini juga dibuktikan ke dalam penelitian yang menyebutkan jika kita rutin berlari sejauh 16 km selama seminggu itu akan memperkecil resoko terganggunya tekanan darah sebesar 35%.

Bagi Anda yang mungkin memiliki masalah pada kolesterol maka juga bisa berlari pagi karena lari pagi itu terbukti bisa mengurangi endapan kolesterol di dalam tubuh kita. Karena endapan kolesterol di dalam tubuh berkurang dan selain itu aliran darah tidak terganggu maka resiko mengalami penyakit jantung pun juga menurun ya. Anda juga tidak akan mengalami obesitas. Manfaat lari pagi ini sangatlah banyak untuk kesehatan kita, sehingga jangan sampai lupakan lari pagi setiap harinya.

  1. Memperkuat otot kita
lari pagi membuat otot kuat
lari pagi membuat otot kuat

Manfaat dari lari pagi yang ketiga adalah bisa memperkuat otot kita. Tidak hanya bias menurunkan berat badan dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Lari pagi juga bisa memperkuat otot kita dengan menambah masa otot kita.

Mengapa lari pagi bisa memperkuat otot? Karena disaat kita melakukan aktifitas itu kita akan mengalami proses metabolisme dalam tubuh yang lebih cepat daripada biasanya sehingga sel otot juga lebih cepat untuk memproduksi sel baru untuk mengganti sel otot yang sudah rusak. Bagaimana? Manfaat lari pagi banyak sekali bukan?

  1. Menurunkan resiko terkena penyakit
lari pagi menjaga tubuh dari penyakit
lari pagi menjaga tubuh dari penyakit

Jogging atau lari pagi sebenarnya merupakan olahraga yang sangat ringan namun sayangnya banyak sekali orang yang tidak mempunyai waktu sehingga tidak sempat melakukan olahraga ini. Padahal jika kita ketahui, olahraga ini adalah salah satu olahraga termudah. Jogging yang kita lakukan pada pagi hari itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan tubuh akan menjadi lebih terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

Supaya Anda lebih tahu manfaat dari ikut jogging, jogging adalah salah satu olahraga yang bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti hipertensi, diabetes, obesitas, osteoporosis, kanker, stroke, dan juga penyakit jantung. Banyak sekali penyakit yang bisa kita cegah dengan lari pagi ini.  Selain bisa mencegah penyakit, dengan lari pagi kita akan memperkuat tubuh dan membuat tubuh kita sendiri lebih menyerap oksigen karena udara pagi hari biasanya akan lebih bersih. Jika ingin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit maka Anda bisa lari pagi.

  1. Membakar kalori
lari pagi hari membakar kalori tubuh
lari pagi hari membakar kalori tubuh

Bagi wanita ataupun pria yang ingin menurunkan berat badannya tentu saja harus membalar banyak kalori yang tertimbun di dalam tubuhnya. Penelitian mengatakan jika lari setiap pagi dapat meningkatkan pemabakaran kalori 2 kali lebih efektif.

Dengan rajin lari pagi setiap harinya maka kita bisa menurunkan berat badan lebih cepat daripada orang biasanya, selain itu bagi Anda yang sedang diet maka bisa mencoba untuk menyelingi diet Anda dengan olahraga atau dengan lari pagi karena lari pagi sangat efektif membakar lemak dan kalori sehingga proses diet Anda akan berjalan lebih cepat dan berhasil. Berat badan akan lebih cepat turun jika Anda mengimbanginya dengan lari pagi secara rutin.

  1. Mencegah terjadi demensia atau amnesia
lari pagi dapat mencegah penyakit amnesia
lari pagi dapat mencegah penyakit amnesia

Tidak hanya itu saja, manfaat lari pagi juga bisa Anda dapatkan adalah bisa mencegah terjadinya demensia atau amnesia. Demensia sendiri kita kenal sebagai kepikunan. Karena demensia dan amnesia ini meruapakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan memori ingatan seorang maka tentu saja akan berbahaya jika tidak segera diatasi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Geriantrics Society, wanita yang selalu rutin melakukan lari setiap paginya memiliki resiko lebih rendah terkena demensia atau amensia di masa tuanya.

Selain itu lari pagi juga memberikan manfaat lainnya seperti misalnya meningkatkan fungsi kerja orak dan hal yang berkaitan dengan konsentrasi. Jadi jika Anda tidak ingin pikun maka Anda bisa mulai lari pagi sejak muda. Dan orang yang sudah berusia lanjut biasanya tidak akan disarankan untuk diam saja, untuk orang yang sudah lanjut usia harus terus bergerak untuk meminimalisir pikun.

  1. Mengatasi stress
lari pagi dapat mencegah stress
lari pagi dapat mencegah stress

Jika saat ini Anda sedang mengalami stress yang berlebihan maka Anda bisa mengatasinya dengan jogging atau lari pagi. Olahraga yang Anda lakukan ketika Anda sedang stress itu bisa membuat stress Anda menjadi berkurang karena secara tidak langsung mood juga akan berubah menjadi baik. Anda bisa memilih tempat untuk jogging yang segar seperti misalnya di taman atau tempat lainnya yang memiliki banyak tanaman sehingga udaranya juga segar.

Apalagi jika Anda melakukan jogging itu bersama dengan orang lain seperti dengan keluarga atau sahabat Anda pasti tentunya akan terasa lebih menyenangkan. Oleh karena itu jika Anda mengalami stress maka Anda bisa mencoba rutin untuk lari pagi sehingga stress Anda bisa berkurang dan Anda juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Ternyata lari pagi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kita ya, jadi sebisa mungkin setidaknya seminggu sekali sempatkan untuk memiliki waktu lari pagi ya. Jika Anda melakukannya setiap hari maka akan lebih bagus lagi, jadi kita tak usah perlu untuk berolahraga yang berat dan atletis ya. Cukup dengan lari pagi saja kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua!