Manfaat Jus Buah Bit

Manfaat Jus Buah Bit

cara membuat jus buah bit untuk diabetes
cara membuat jus buah bit untuk diabetes

Buat bit (buah bit merah) adalah sejenis tanaman umbi yang  memiliki warna ungu kemerahan. Bentuknya mirip seperti kentang dengan disertai akar dan tangkai. Buat bit memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi buah bit sebagai salah satu obat herbal. Kebanyakan orang mengkonsumsi buah bit dengan cara diolah sebagai jus buah dan dikonsumsi secara rutin.

Buah bit memiliki nutrisi yang cukup banyak dan baik untuk tubuh, antara lain adalah:

  • Kandungan asam folat nya yang dapat menyembuhkan serta mengganti sel-sel dalam tubuh yang sudah rusak
  • Kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh
  • Serat
  • Magnesium yang dapat menjaga fungsi dari sistem syaraf dan otot
  • Vitamin C yang mencapai 10,2% dapat membantu proses pertumbuhan jaringan serta menormalkan saluran darah
  • Tembaga yang dapat membentuk sel darah merah
  • Zat besi yang dapat membantu metabolism energi serta sistem kekebalan tubuh
  • Triptofan
  • Betasianin yang dapat digunakan untuk mencegah kanker
  • Caumarin yang dapat digunakan untuk mencegah tumor

Manfaat Untuk Kesehatan

manfaat jus buah bit wortel dan tomat
manfaat jus buah bit wortel dan tomat

Karena kandungan-kandungan alami dan baik di dalamnya, membuat buat bit sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh. Apa saja manfaat jus buah bit untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya.

  • Mencegah Hipertensi

Salah satu manfaat jus buat bit yang utama adalah dapat mencegah dan mengatasi hipertensi. Kandungan nitrat yang ada di dalam buah bit dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dibuktikan menurut penelitian yang telah dilakukan Barts and London School of Medicine menjelaskan jika buah bit menjadi salah satu solusi alternative untuk mengatasi hipertensi. Cara mudah membuat jus bit untuk hipertensi ini pun sangat mudah, anda hanya perlu mengolah buat bit menjadi jus dan dikonsumsi secara rutin. Kandungan nitrat nya ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah Anemia

cara membuat jus buah bit untuk hipertensi
cara membuat jus buah bit untuk hipertensi

Buah berwarna kemerahan ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kurang darah (anemia). Zat besi yang ada di dalam buah bit cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan zat besi setiap harinya. Sehingga dapat mengaktifkan kembali serta membantu proses regenerasi sel-sel darah merah di dalam tubuh serta membantu suplai oksigen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sel darah merah. Selain itu, zat besi juga sangat baik mengatasi masalah lainnya seperti lelah, lemah, kurang berenergi, dan lainnya. Cara membuat jus buah bit untuk anemiabisa anda kombinasikan antara buah bit, anggur, dan sawi putih. Olah ketiga bahan ini dalam bentuk jus dan kemudian dikonsumsi secara rutin.

Kombinasi ketiga bahan ini sangat baik untuk mengatasi anemia. Buah bit yang kaya akan kandungan zat besi dapat mematangkan sel darah merah, buah anggur dapat bermanfaat untuk meningkatkan metabolism dalam darah, dan kandungan asam folat di sawi putih dapat dijadikan sebagai obat kurang darah.

  • Obat Baik Untuk Diabetes

Buah bit memiliki kandungan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ada banyak alasan mengapa buah bit sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Yang pertama adalah kaya akan gula alami yang baik untuk penderita diabetes. Sekitar 46 glikemik terkandung dalam buah bit. Meskipun terbilang tinggi, namun ini adalah gula alami yang nantinya akan lambat dikonversi dalam bentuk glukosa.

Selain itu buah bit kaya akan serat yang tinggi, folat, dan kalium yang memang sangat baik untuk kesehatan penderita diabetes. Buah bit kaya akan nitrat yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif dalam penderita diabetes. Dan yang terakhir kandungan betalain dan neo-betanin yang dapat menurunkan kadar glukosa serta meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Agar mendapatkan manfaat dari buah bit tersebut, maka buah bit dapat anda olah menjadi jus. Cara membuat jus buah bit untuk diabetesini sama halnya dengan membuat jus buah pada umumnya dan dikonsumsi setiap pagi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Obat Pembersih Hati, Ginjal, Dan Kandung Empedu

Manfaat lainnya yang didapatkan dari buah bit adalah sebagai obat alami untuk membersihkan hati, ginjal, dan kandung empedu. Buah bit juga dapat menetralkan racun di dalam tubuh melalui proses detoksifikasi, melawan radang dan infeksi dan mengatasi batu ginjal.

Kombinasi dari buah bit, ketimun dan wortel bisa anda gunakan untuk membersihkan racun-racun yang tertimbun di dalam hinjal dan kandung empedu. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengkombinasikan apel, buah pir, dan buah bit dan diolah dalam bentuk jus buah. Setelah itu konsumsi setiap hari dan nantinya racun-racun di dalam tubuh akan keluar melalui usus besar.

Selain itu cara lainnya bisa mengkombinasikan antara buh bit dan buah ketimun dan diolah menjadi jus buah dan ditambahkan soda waterdan perasan jeruk lemon. Setelah itu di konsumsi secara rutin setiap harinya. Manfaat jus buah bit wortel dan tomatini bisa anda lakukan setiap hari sehingga racun-racun yang mengendap dalam tubuh dapat terbuang keluar.

  • Mengurangi Masalah Pencernaan

Jika anda sering mengalami masalah pada pencernaan, seperti mual, nyeri dan diare, maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi jus buah bit setiap hari. Anda bisa mencampurkannya dengan buah wortel, jus lemon/jeruk nipis dan kemudian di konsumsi hingga masalah pencernaan tersebut menghilang. Anda juga dapat mencampurkan jus buah bit dengan 1 sdm madu murni dan dikonsumsi setiap paginya sebelum sarapan untuk mengatasi kembung pada perut.

Manfaat Untuk Kecantikan

Selain itu kesehatan, banyak pula manfaat jus buah bit untuk kecantikan.Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya:

  • Mencegah Dan Mengatasi Jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat, bahkan yang membandel sekalipun. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan jus buah bit. Dengan mengkonsumsi buah bit secara teratur, tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat saja. Namun juga dapat mencegah dan menyembuhkan radang kulit lainnya seperti bisul. Buah bit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meringkan peradangan jerawat pada wajah anda.

  • Menyehatkan dan Mempercantik Kulit

Ingin mendapatkan kulit yang sehat dan cantik? Anda bisa mengkonsumsi buah bit untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat sepanjang waktu. Kulit yang kusam seringkali dikarenakan darah kotor di dalam tubuh. Buah bit sangat bermanfaat untuk membersihkan racun hingga kelebihan air dalam tubuh. Selain itu, kandungan di dalam buah bit akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang baru dan memberikan nutrisi sehingga membuat kulit tampak bercahaya.

  • Mencegah Penuaan Dini

Keriput, garis-garis halus, flek hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya bisa anda cegah dengan mengkonsumsi jus buah bit. Hal ini karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Selain itu lycopene di dalamnya juga dapat digunakan untuk menjaga keelastisan kulit serta melindungi dari bahaya sinar matahari. Mengkonsumsi jus buah bit setiap hari dapat membantu anda untuk tampil lebih awet muda.

Banyak bukan manfaat dari jus buah bit? Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu menu wajib setiap harinya untuk mendapatkan manfaat-manfaat baik di dalam nya. Nah itu tadi manfaat jus buah bit untuk kesehatan dan kecantikan wajah. semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.