Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil
Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Pada masa-masa kehamilan, seorang ibu hamil memang diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat bahkan yang dapat memberikan manfaat baik, tak hanya bagi ibu hamil namun juga bayi janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu makanan yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah ikan gabus. Ikan gabus adalah jenis ikan yang hidup di perairan tawar. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu ikan gabus, ikan ini memang memiliki banyak julukan. Mulai dari ikan klutuk (jawa), ikan aruan (Sumatra), dan masih banyak lainnya. Ikan ini juga dikenal dengan nama snakehead  fish karena ikan ini memakan kepala-kepala ikan yang memilih ukuran lebih kecil.

Mengapa ikan gabus sangat baik untuk ibu hamil? Hal ini karena ikan gabus memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dimana protein ini menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Protein juga dapat membantu untuk mencegah terjadi resiko-resiko keguguran di saat usia kehamilan trimester. Selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam ikan gabus antara lain adalah:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Besi
  • Fosfor
  • Vitamin A dan vitamin B
  • Fosfor
  • Dan air

Apakah Ikan Gabus Baik Untuk Ibu Hamil?

Mungkin masih banyak ibu-ibu hamil yang belum yakin, apakah benar ikan gabus baik untuk ibu hamil? Jawabannya sebenarnya sangat tergantung, dilihat terlebih dahulu darimana anda mendapatkan ikan gabus. Jika ikan gabus anda dapatkan dari air yang kotor dan penuh limbah, maka tentu saja ikan gabus menjadi urang layak untuk dikonsumsi. Jika ikan gabus di dapatkan dari alam yang bebas limbah dan bersih, maka tentu saja akan sehat jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Ikan Gabus Saat Masa Kehamilan

Ikan gabus memang jenis ikan yang paling banyak dicari oleh ibu-ibu yang sedang hamil karena manfaatnya yang luar biasa, bahkan untuk kesehatan sekalipun. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ikan gabus memiliki protein yang cukup tinggi. Di dalam kandungan protein tersebut terdapat albumin yang mana bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan makanan protein lainnya. Albumin adalah jenis protein yang larut di dalam air dan garam, dan protein terbanyak yang ada di dalam darah. Nah berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari mengkonsumsi ikan gabus selama masa kehamilan.

  • Mengikat Darah

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan gabus adalah kandungan di dalamnya yang dapat mengikat darah. Selama darah tetap dapat mengalir di dalam tubuh, maka tentu saja tubuh menjadi tetap sehat dan hidup. Kandungan albumin di dalam ikan gabus dapat membuat darah menjadi cair sekaligus berjalan. Kerja albumin disini adalah mengikat darah bersama dengan sel-sel tubuh serta air melalui jaringan yang ada di dalam tubuh.

Inilah fungsi penting dari albumin, saat terjadi pengikatan darah dan jumlah darah kurang sesuai maka albumin ini yang nantinya memisahkan sel-sel di dalam darah dengan cairan sehingga kondisi darah di dalam tubuh tetap dapat sehat. Jika kondisi darah normal, maka tentu saja ibu hamil akan tetap sehat selama masa kehamilan, terutama bagi janin yang ada  di dalam kandungan.

  • Membantu Proses Perbaikan Kerusakan Jaringan

Albumin juga memiliki fungsi sebagai agen untuk membentuk sel-sel yang baru. Albumin dapat berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang sudah mati dan menggantinya dengan yang baru. Bagi ibu hamil, jika tidak terjadi regenerasi sel-sel mati di dalam tubuh maka akan menyebabkan munculnya keluhan-keluhan selama masa kehamilan. Tidak ada yang dapat bekerja mengganti sel-sel dengan yang baru dan akibatkan kesehatan menjadi terganggu terutama janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itu dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin,  kandungan albuminnya dapat memperbaiki kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh ibu dan janin sehingga kondisi sel-sel di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

  • Menambah Nutrisi Dan Hormon Selama Masa Kehamilan

Manfaat ikan gabus lainnya untuk ibu hamil dapat menambahkan nutrisi dan hormone ke dala tubuh agar tetap dalam kondisi seimbang dan terpenuhi. Sehingga ibu dan janin di dalam kandungan tetap dapat normal dan sehat. Hormone ini akan sangat dibutuhkan salam masa kehamilan hingga proses kehamilan. Kandungan albumin di dalam ikan gabus akan mencakup kebutuhan cairan dan nutrisi di dalam tubuh jika mengalami kekurangan selama masa kehamilan.

Namun jika asupan albumin di dalam tubuh sudah terpenuhi dan berlebihan, maka sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi ikan gabus bagi ibu hamil. Jika terjadi kelebihan albumin di dalam tubuh selama masa kehamilan, maka akan muncul berbagai macam gangguan seperti iritasi kulit, gangguan pernapasan, radang sendi, kerusakan fungsi gin jal, bahkan hingga leukemia.

  • Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Masalah yang sering terjadi pada ibu hamil adalah mengalami kekurangan cairan pada tubuh. Tak hanya kondisi darah yang harus normal, namun tubuh juga harus cukup cairan sehingga tubuh tidak mengalami kekeringan. Jika ibu hamil sampai kekurangan cairan, maka bisa menyebabkan terjadinya masalah-masalah pada ibu hamil. Albumin di dalam ikan gabus dapat menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh, bahkan untuk janin di dalam kandungan. Albumin juga dapat mengembalikan dan mengarahkan cairan yang ada di dalam darah agar tetap normal.

  • Mencegah Terjadinya Pembengkakan

Seringkali ibu hamil mengeluh jika terjadi pembengkakan pada kaki-kakinya. Hal ini sebenarnya wajar karena volume darah yang ada di dalam tubuh memang cenderung meningkat selama masa kehamilan diakibatkan adanya perubahan hormone di dalam tubuh. Hormone ini lah yang seringkali dikenal sebagai hormone kehamilan. Pembengkakan ini dikenal sebagai edema. Dengan mengkonsumsi ikan gabus selama masa kehamilan dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembengkakan. Kerja albumin dapat mengikat darah agar tidak terjadi pengendapan yang bisa menyebabkan pembengkakan tersebut.

  • Menjaga Tumbuh Kembang Janin

Tak hanya bagi ibu hamil, ikan gabus juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan. Protein albumin  dan asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan gabus memang lebih banyak bahkan jika dibandingkan dengan salmon. Albumin ini sangat baik dan dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mengangkut makanan dan nutrisi serta membantu memperbaiki jika terjadi kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh. JIka ibu hamil cukup nutrisi maka tentu saja akan menjaga tumbuh kembang dari janin di dalam kandungan. Kebutuhan albumin yang terpenuhi membuat bayi dapat tumbuh dan berkembang cepat selama 9 bulan di dalam kandungan. Jika kebutuhan albumin sampai kurang, maka tentu saja menyebabkan bayi menjadi kurang gizi dan perkembangannya menjadi kurang optimal.

Nah itu tadi beberapa manfaat ikan gabus untuk ibu hamil. Sehingga tidak  ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi ikan gabus selama masa kehamilan. Namun tentu saja konsumsi ikan gabus memang harus sesuai dengan kadar dan jangan sampai berlebihan. Jika diperlukan anda bisa mengkonsultasikanya terlebih dahulu dengan dokter kandungan sehingga dapat dicek terlebih dahulu kondisi ibu hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.