Makanan yang Harus Kamu Kurangi Jika Usia Sudah Kepala 3

Makanan yang Harus Kamu Kurangi Jika Usia Sudah Kepala 3 – Jaman sekarang semakin banyak aneka kreasi makanan yang biasa disebut “kekinian” terlihat menarik dan terlihat sangat lezat. Jadi jangan heran kalo semakin kesini bisnis kuliner semakin laris manis. Tidak hanya makanan diluar rumah, kini juga semakin banyak makanan instant yang bisa dimasak dirumah dengan rasa rumah makan bintang lima.

Namun sayangnya dibalik semua kenikmatan tersebut jangan sampai membuat kita terlena sehingga mekesampingkan resiko dibalik kenikmatannya. Apalagi jika sudah menginjak kepala 3 atau sudah berumur diatas 30 tahun lebih. Selain sistem pencernaan yang sudah mulai menurun kinerjanya, organ tubuh kita yang lain juga menjadi semakin peka dengan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang siap mengintai seperti kolesterol, asam urat, diabetes dan darah tinggi. Makan makanan enak boleh boleh saja tetapi harus dijaga porsinya jika hanya sesekali atau dalam jumlah wajar masih okelah tapi jika terlalu banyak akan sangat beresiko.

Berikut makanan yang sebaiknya sudah mulai kamu kurangi jika sudah berumur 30 lebih

Makanan Asin

Buat yang suka makanan asin sudah harus bisa mengurangi ya, makanan yang mengandung garam tinggi atau terlalu asin mohon segera dikurangi. Jangan sampai tekanan darah naik karena suka makanan yang asin.

makanan-asin
Garam by Pixabay.com

Apa tidak boleh masak pake garam? boleh kq cuma jangan berlebihan saja, berlebihan itu bukan berarti makananya terlalu asin tapi komposisi makannya mengandung banyak garam. Misalnya makan sayur asem sudah dikasih garam ditambah tempe sebelum digoreng di masukin ke air garam masih ditambah telur mata sapi juga dikasih garam eh masih di tambah sambel juga pake garam. Ini jika di akumulasi juga bisa dimasukkan kategori berlebih jadi mulai sekarang coba dikurangi ya.

Makanan Manis

makanan-manis
candy by pixabay.com

Terlalu banyak garam gak boleh eh sekarang makanan yang mengandung gula juga tidak boleh? Boleh asal tidak berlebihan sama seperti ketika kita mengkonsumsi garam tadi. Karena kebanyakan mengkonsumsi gula beresiko diabetes bahkan bisa menganggu ginjal dan jantung jika terus dilanjutkan. Jadi mulai sekarang bisa dikurangi makan makanan dan minuman yang manis. Apalagi jaman sekarang makanan dan minuman manis banyak beredar disekitar kita dan sulit untuk ditolak.

Makanan Mengandung Margarin

margarin by pixabay.com

Suka makan kue? atau roti bakar? atau bahkan terang bulan? pasti enak dan gurih ya? Sayangnya makanan tersebut pasti di olesi margarin dimana margarin ini sangat jahat karena mengandung lemak yang dapat menyebabkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh meningkat. Alangkah lebih baiknya jika sudah mulai menghindari makanan mengandung margarin ya tidak hanya dikurangi tapi dihindari.

Makanan yang dimasak dengan di Goreng

ayam goreng by pixabay.com

Siapa yang tidak suka gorengan? di bandingkan direbus makanan yang digoreng terasa lebih nikmat sayangnya dibalik kenikmatan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Makanan yang digoreng masih bisa dikonsumsi meski klo bisa mulai dikurangi. Gunakan minyak goreng yang tak jenuh dan hindari minyak goreng yang digunakan berulang kali jangan sampai nunggu hitam baru diganti.

Makanan Instant

Yang masih suka makan mie instant atau bubur instant sudah bisa mulai mengurangi cukup tanggal tua saja dan jika terpaksa baru boleh makan makanan instant. Karena semua yang instant mengandung bahan pengawet dan ini sudah bisa menganggu proses pencernaan, jadi mohon berhati hati.

Makanan Junk Food

Burger by Pixabay.com

Jika ada yang bilang roti sehat, sayur sehat, keju sehat, daging sehat tetapi kenapa burger tidak sehat mungkin mereka perlu melihat ketika burger dibuat. Junk food penuh dengan lemak jahat karena jumlah minyak yang cukup banyak dalam setiap menu makanannya. Mungkin junk food cuma ketika dalam kondisi kelaparan di malam hari dan malas masak mie instan dan tidak ada makanan lain di dalam kulkas.