Makanan Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Makanan Untuk Ibu Hamil 8 Bulan –Usia kehamilan 8 bulan merupakan usia kehamilan di mana bayi telah sempurna dengan terjadi tingkat kematangan pada plasenta dan paru-parunya. Kelopak mata sudah dapat dibuka dan dipejamkan di usia janin 33 minggu. Perkembangan otak sangat signifikan, di usia ini pula otak dapat mengantar rangsangan syaraf yang baik. Bayi dalam kandungan telah beradaptasi dengan aktivitas yang Ibu hamil lakukan baik di siang maupun di malam hari. Di usia 8 bulan, Ibu hamil akan merasa gerakan bayi yang kian aktif dimana sudah dapat menendang. Pengenceran darah kian meningkat yang mengakibatkan beban kerja jantung makin berat. Untuk itu Ibu hamil haruslah memperhatikan asupan Makanan Untuk Ibu Hamil 8 Bulan bulan ini agar terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebih yang akan membebani kinerja jantung khususnya wanita yang memiliki riwayat kesehatan preeklamsia atau hipertensi.

Berikut ini Makanan Untuk Ibu Hamilusia 8 bulan, yakni :

Nasi merah dan Umbi-umbian

Kalori sangatlah berperan penting bagi pertumbuhan janin dan plasenta. Ibu hamil dpaat mengkonsumsi kentang, singkong, kacang-kacangan, beras, atau umbi-umbian yang kaya akan kalori. Namun sebaiknya konsumsi beras merah yang kaya akan serat sehingga dapat mengurangi resiko sembelit.

Sayuran warna orange dan hijau

Sayuran berwarna orange memang kaya akan vitamin A yang bermanfaat bagi sistem imunitas, perkembangan embrio dan pertumbuhannya. Vitamin A dapat mengurangi resiko bayi terlahir prematur dan terhindar dari bayi yang berbobot rendah. Selain sayuran berwarna orange, Ibu hamil juga senantiasa mengkonsumsi sayuran hijau, hati ayam, kuning telur, maupun susu.

Kacang kedelai

Kandungan dalam kacang kedelai antara lain vitamin B1 dan B2 yang bermanfaat dalam proses metabolisme, vitamin B12 dan B6 bermanfaat dalam pembentukan sel daran merah dan DHA. Vitamin B6 juga bermanfaat untuk proses metabolisme yang berperan serta dalam sel syaraf. Selain dari kacang kedelai, Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi ikan, susu, atau gandum.

Jeruk dan brokoli

Jeruk yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk membantu memberikan antioksidan da melindungi kerusakan pada jaringan. Penyerapan zat besi yang dapat mengurangi resiko anemia juga dapat dilakukan oleh vitamin C. Anda dapat mengkonsumsi jeruk brokoli, strawberry, atau tomat yang kaya akan vitamin C.

Air

Cairan tubuh haruslah terkontrol dengan baik, jangan sampai Ibu hamil mengalami dehidrasi. Untuk itu aturlah suhu tubuh dan proses metabolisme yang diatur dengan menjaga asupan cairan sehingga proses persalinan berjalan dengan baik.

Demikianlah tadi beberapa Makanan Untuk Ibu Hamil 8 Bulan. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan di atas, kemungkinan terkena resiko masalah kesehatan dapat dihindari menjelang persalinan.