Makanan Penyebab Keputihan

Makanan Penyebab Keputihan

Keputihan merupakan salah satu hal yang pasti pernah dialami oleh semua wanita. Keputihan sendiri merupakan kondisi alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan vagina secara alami dari bakteri maupun virus yang bersarang didalamnya. Biasanya kadar keputihan yang berlebihan dialami oleh para wanita yang sedang berada dalam masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan perubahan produksi hormon pada mereka yang berkaitan dengan kondisi kehamilan tersebut.

penghilang keputihan tradisional
penghilang keputihan tradisional

Keputihan pada wanita ditandai dengan keluarnya cairan kental atau lendir berwarna putih yang memiliki tekstur kental hingga encer. Lendir tersebut secara alami dihasilkan oleh leher rahim yang akan keluar bersama dengan kotoran yang ada dalam vagina. Untuk tingkat kekentalan, warna, hingga jumlah lendir yang keluar bergantung pada kondisi menstruasi yang dialami. Nah, keputihan juga bisa terjadi secara tidak normal yang ditandai dengan perubahan warna, tekstur, dan bau lendir tersebut.

Banyak faktor yang menjadi pemicu keputihan selain reaksi alami perubahan hormon. Misalnya saja, ketika seseorang terserang jenis penyakit tertentu atau bahkan dari pola konsumsi makanan yang menjadi penyebab keputihan. Beberapa jenis makanan yang diyakini sebagai penyebab keputihan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Jamur

Menhindari konsumsi jamur yang lezat saat mengalami keputihan adalah cara yang tepat untuk membuat keputihan lekas berakhir. Jamur mengandung ragi yang bisa memicu banyaknya bakteri dan jamur yang tumbuh di dalam vagina. Oleh sebab itu, untuk mengatasi keputihan yang berlebihan disarankan mengurangi konsumsi makanan yang berbahan dasar jamur.

2. Keju

Meskipun lezat, nyatanya keju juga menjadi satu diantara makanan yang menjadi penyebab keputihan. Hal ini dikarenakan keju yang merupakan olahan dari susu yang melalui proses fermentasi. Terutama pada jenis keju yang belum dipasteurisasi. Jenis keju yang demikian belum mendapat tindakan streilisasi sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri semakin banyak.

3. Telur

Telur yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat keputihan semakin hebat. Bagi wanita yang sering mengalami keputihan diharapkan untuk membatasi konsumsi telur secara terus-menerus. Kandungan protein dan kalori yang ada dalam telur justru bisa memicu keluarnya lendir lebih banyak. Batas konsumsi telur yang dianjurkan maksimal hanya 4 butir dalam sehari.

4. Mentimun

Buah yang nikmat sebagai teman lalapan dan sambal ini memang bermanfaat bagi penderita hipertensi atau stres hormon. Mentimun juga kaya akan kandungan vitamin untuk kesehatan kulit serta kecantikan. Namun, manfaat tersebut tidak berlaku saat mentimun dikonsumsi oleh wanita yang mengalami keputihan. Bahkan bagi wanita hamil, mentimun juga dianggap sebagai pantangan karena mampu merangsang hormon estrogen yang membuat jumlah lendir keputihan yang keluar semakin banyak.

5. Tape Singkong

Tape adalah makanan yang dibuat dari proses fermentasi. Sama seperti jenis makanan fermentasi lainnya, tape juga tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan bagi wanita yang ingin terhindar dari keputihan. Oleh sebab itu, usahakan untuk menbatasi konsumsi tape singkong dan jenis tape lainnya yang kaya akan kandungan ragi penyebab jamur dan bakteri vagina semakin tumbuh bebas.

6. Udang

Kelezatan udang sepertinya harus dilupakan ketika berbicara tentang keputihan. Udang adalah jenis makanan yang menjadi pantangan saat anda ingin menghilangkan atau menghentikan keputihan. Lendir yang terlalu banyak keluar tersebut bisa disebabkan konsumsi udang berlebihan seperti lebih dari 100 gram setiap harinya.

7. Nanas

Buah nanas yang segar ini menjadi salah satu buah dengan risiko penyebab keputihan pada wanita. Bahkan bagi ibu hamil, buah nanas juga merupakan pantangan karena bisa menyebabkan kandungan lendir di dalam organ wanita semakin banyak. Selain itu, asam yang terkandung pada buah nanas juga tidak baik bagi asam lambung yang akan berakibat pada kesehatan janin didalam rahim. Untuk menghentikan keputihan, menghindari konsumsi nanas secara berlebihan sangat dianjurkan.

8. Soft Drink

Meskipun bukan termasuk jenis makanan, minuman soft drink yang dicampurkan ke dalam makanan tertentu juga bisa memengaruhi kondisi organ vital wanita. Terutama bagi anda yang mengalami keputihan, soft drink bisa memicu tumbuhnya jamur candida albicans yang meningkatkan kadar asam di dalam organ intim wanita dan menyebabkan keputihan.

9. Buah Kering

Buah kering, buah kaleng, atau manisan buah kering selain diolah dengan menggunakan pemanis, juga diproses dengan bahan ragi dan kapur sirih. Ragi dan kapur sirih tersebut justru menjadi pendukung bagi bakteri dan jamur yang menjadi penyebab keputihan.

10. Makanan Manis

Jamur dan bakteri yang ada di dalam vagina bisa tumbuh dengan cepat dan berkembang biak bila terdapat kandungan gula alami di dalam tubuh. Oleh sebab itu, untuk menghindari keputihan yang berlebihan, disarankan juga membatasi asupan makanan manis masuk ke dalam mulut.

11. Gorengan

Menikmati gorengan, apapun jenisnya tentu menjadi momen yang menyenangkan. Tapi tahukah anda? Bahwa konsumsi gorengan yang berlebihan bisa menyebabkan keputihan dengan jumlah lendir yang banyak. Umumnya, gorengan yang banyak dijajakan diproses dengan bahan tepung berkualitas rendah. Tepung inilah yang kemudian menyebabkan peningkatan karbohidrat dan memengaruhi kadar gula di dalam tubuh. Kadar gula yang meningkat menjadi pemicu keputihan bagi sebagian besar wanita.

12. Anggur

Buah anggur mengandung gula buah alami atau yang biasa disebut dengan glikemic. Zat ini ternyata lebih mempercepat proses pertumbuhan bakteri dan jamur yang menjadi penyebab keputihan. Untuk itu, disarankan mengonsumsi anggur secukupnya saja, terutama selama masa kehamilan.

13. Pisang

Pisang boleh dibilang sebagai buah yang berkhasiat tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, buah pisang juga bisa menjadi penyebab keputihan jika dikonsumsi terlalu banyak.  Buah pisang kaya akan kandungan glikemic atau kadar gula buah. Zat inilah yang kemudian memudahkan bakteri dan jamur lebih cepat tumbuh dari sebelumnya.

14. Makanan Pedas

Bagi sebagian besar wanita, makanan pedas adalah salah satu yang banyak digemari. Padahal, kandungan Capcisum yang ada dalam cabe justru akan mudah membuat wanita mengalami keputihan. Rasa pedas pada cabai tersebut akan merangsang pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab timbulnya lendir pada vagina.

15. Bengkoang

Buah segar dengan kandungan air yang tinggi ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama kecantikan kulit. Akan tetapi, mengonsumsi bengkoang secara berlebihan dengan kandungan air yang ada didalamnya akan menyebabkan timbulnya lendir berlebihan di dalam tubuh. Bengkoang juga kaya akan kandungan gula alami sehingga bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur semakin tinggi.

16. Pasta Tomat

Saus tomat atau makanan yang diolah dengan menggunakan pasta tomat sangat berisiko sebagai makanan yang bisa menyebabkan keputihan. Pasta tomat diolah melalui proses fermentasi yang berbeda jika anda membuat pasta tomat dari keadaan tomat yang masih segar. Pasta tomat yang diolah dengan proses fermentasi inilah yang menyebabkan jumlah lendir keluar lebih banyak.

Secara umum, mengonsumsi makanan diatas masih diperbolehkan bagi wanita. Akan tetapi, hal tersebut bergantung pada jumlah yang dikonsumsi serta masa saat mengonsumsinya. Jika dalam kadar yang berlebihan dan dikonsumsi ketika masa hamil, maka risiko keputihan akan semakin besar. Oleh sebab itu, perlu dipahami bahwa jenis makanan tersebut masih aman dikonsumsi dengan catatan tidak berlebihan dan diwaktu yang tepat.

Demikian artikel informatif tentang makanan penyebab keputihan yang wajib dihindari oleh wanita. Semoga bermanfaat!