Khasiat Alami Daun Cocor Bebek Yang Jarang Orang Ketahui

Khasiat Alami Daun Cocor Bebek Yang Jarang Orang Ketahui

manfaat dan khasiat daun cocor bebek
manfaat dan khasiat daun cocor bebek

Ada banyak tanaman-tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional, yang bahkan belum banyak orang ketahui. Salah satunya yaitu tanaman cocor bebek. Tanaman ini biasanya akan mudah ditemukan pada daerah tropis. Cocor bebek memiliki daun yang berwarna kehijauan atau abu-abu yang memiliki rasa agak dingin dan asam. Cocor bebek memiliki banyak manfaat baik yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Di dalam daun cocor bebek terdapat zat-zat kalium yang cukup tinggi, asam lemon, asam malat, glikosida artthosiphonin, asam apel, flavonoid, damar, alkaloid, vitamin C dan masih banyak lainnya. Daun cocor bebek juga memiliki kandungan anti tumor, antiseptic, dan anti radang yang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Manfaat Cocor Bebek Untuk Kesehatan

  • Mengobati Sakit Kepala

Salah satu manfaat utama dari cocor bebek adalah untuk mengobati sakit kepala. Jika anda mengalami sakit kepala yang berkelanjutan dan terus menerus, maka tidak ada salahnya untuk mengobati sakit kepala dengan menggunakan cocor bebek. Anda bisa mengolahnya dengan cara diasap ataupun direbus sebentar saja sehingga vitamin dan kandungan lainnya yang baik di dalamnya tidak hilang. Setelah itu anda bisa mengkonsumsinya sebagai sayuran lalapan yang lezat.

  • Meredakan Amandel

Penyakit amandel merupakan penyakit peradangan pada amandel yang berada di tenggorokan atau dalam istilah medisnya adalah tonsillitis. Amandel yang membengkak dapat diobati dengan cara dioperasi. Namun anda juga bisa mengobati nya dengan cara alami seperti menggunakan daun cocor bebek. Untuk mengolah daun cocor bebek untuk obat peradangan amandel adalah dengan mengkonsumsi sari dari daun cocor bebek. Siapkan daun cocor bebek yang masih segar dan haluskan dengan blender Setelah itu konsumsi air sari dari daun cocor bebek secara rutin hingga amandel sembuh.

  • Mengatasi Lambung Yang Nyeri

Masalah pada sistem pencernaan tak hanya dapat menyebabkan orang menjadi sulit buang air besar, namun juga dapat membuat lambung terasa nyeri. Hal ini biasanya disebabkan karena pola makan yang kurang teratur. Untuk mengobatinya, daun cocor bebek bisa dijadikan sebagai obat alami. Untuk mengolahnya, anda bisa menyiapkan daun cocor bebek. Campurkan cocor bebek dan air dan setelah itu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu saring jus daun cocor bebek tersebut dan konsumsi secara rutin. Anda bisa mencampurkannya dengan campuran garam atau madu.

  • Melancarkan Buang Air Besar

Terlalu sering duduk dan tidak berolahraga terkadang membuat orang kesulitan buang air besar. Hal ini juga disebabkan karena kurangnya serat dalam makanan-makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu kurangnya konsumsi air putih setiap harinya juga menjadi penyebab gejala kesulitan buang air besar. Anda bisa mencoba mengobatinya dengan menggunakan daun cocor bebek untuk melancarkan buang air besar. Siapkan beberapa daun cocor bebek dan kemudian jemur hingga kering. Setelah itu haluskan daun cocor bebek hingga berbentuk seperti bubuk. Selanjutnya anda bisa mengkonsumsi nya seperti kopi bubuk. Larutkan bubuk daun cocor bebek ke dalam air hangat. Anda bisa mencampurkannya dengan madu alami. Setelah itu konsumsi setiap paginya sebelum akan beraktivitas.

  • Cepat Menyembuhkan Luka

Kandungan anti inflamasi yang ada di dalam daun cocor bebek dapat secara ampuh menghentikan pendarahan yang ringan. Air dari daun cocor bebek bisa menjadi pengganti dari cairan yang digunakan untuk sterilisasi luka yang terbuka. Jika anda memiliki luka yang terbuka, maka anda bisa mengobati dan mempercepat penyembuhan dengan menggunakan cocor bebek. Siapkan daun cocor bebek dan cuci terlebih dahulu. Setelah itu hancurkan daun hingga berbentuk seperti pasta. Anda bisa menambahkan sedikit air sehingga dapat mudah ditempelkan pada luka nantinya. Oleskan pasta daun cocor bebek pada luka yang terbuka dan diamkan dalam beberapa jam.  Nantinya bakteri dan kuman yang terdapat pada luka akan bersih sehingga membuat penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

  • Obat Asma

Jika anda memiliki asma dan gejala asma sedang kambuh, maka jangan buru-buru untuk membeli obat ke apotek. Anda bisa memanfaatkan daun cocor bebek untuk mengobati gejala asma. Tentunya daun cocor bebek harus diolah dengan tepat sehingga bisa menyembuhkan gejala asma. Siapkan beberapa lembar daun cocor bebek dan rebus hingga menjadi lunak. Setelah itu anda bisa mengkonsumsi daun cocor bebek yang direbus tersebut dengan makanan lainnya.

  • Obat Muntah Darah

Ketika anda atau anggota keluarga lainnya sedang mengalami muntah darah, maka bisa diberikan pertolongan pertama dengan menggunakan daun cocor bebek untuk mengurangi intensitas muntah darah. Anda bisa mengkonsumsi air sari cocor bebek secara rutin. Rebus daun cocor bebek dan haluskan. Untuk memberikan rasa manis, anda dapat mencampurnya dengan gula atau madu. Setelah itu barulah seduh dengan menggunakan air panas dan tunggu hingga menjadi hangat. Setelah itu konsumsi air sari tersebut hingga habis.

  • Baik Untuk Tulang

Daun cocor bebek sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan magnesium dan kalsium yang ada di daun cocor bebek akan dapat menyehatkan tulang. Anda bisa mengkonsumsi daun cocor bebek secara rutin. Anda dapat mengkonsumsinya ddalam bentuk jus ataupun dikonsumsi sebagai lalapan.

  • Obat Bisul

Daun cocor bebek dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul. Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu karena adanya benjolan yang cukup besar pada area-area tertentu. Siapkan daun cocor bebek yang masih segar dan haluskan. Ambil air sari dari daun cocor bebek dan tambahkan dengan madu. Anda dapat mengkonsumsinya dan air bekas dari daun cocor bebek yang dihalukskan bisa ditempelkan pada bagian yang terkena bisul.

  • Kompres Demam

Khasiat alami daun cocor bebek lainnya dapat anda gunakan untuk obat kompres demam. Caranya pun sangat mudah, anda bisa menghaluskan 2-4 lembar daun cocor bebek dan tempelkan pada dahi seperti kompres biasanya. Selain itu air sarinya dapat anda oleskan pada bagian tubuh yang demam. Tunggu beberapa saat dan setelah itu panas akan segera reda.

  • Mengatasi Ambeien

Daun cocor bebek juga dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien. Cukup siapkan beberapa lembar daun cocor bebek dan keringkan hingga benar-benar kering. Setelah itu haluskan hingga berbentuk seperti bubuk kopi dan anda bisa menyeduhnya dengan air panas. Tambahkan dengan 1 sdm madu dan konsumsi secara rutin 2 kali setiap harinya.

  • Mengatasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun daun cocor bebek juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Daun cocor bebek dapat mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Kandungan anti inflamasi dan citric acid nya dapat bermanfaat baik untuk jerawat. Haluskan daun cocor bebek dan campurkan dengan air mawar. Setelah itu tempelkan pada bagian yang berjerawat dan bekas jerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat dan bekas jerawat dapat menghilang.

Nah itu tadi beberapa khasiat alami daun cocor bebek yang mungkin masih jarang diketahui banyak orang. Anda bisa memanfaatkan daun cocor bebek untuk obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.