Harga Kawat Gigi

Orthodentics merupakan bidang khusus yang fokus terhadap perkembangan terapi pada wajah khususnya gigi dalam rangka memberikan efek kepada gigi agar memberikan efek  lebih menarik. Daerah gigi dan rahang merupakan area wajah yang apabila terdapat gangguan atau cacat di sekitarnya, akan memberikan pengaruh estetika yang besar.

Harga kawat gigi

Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Transparant
Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Transparant

perlu diketahui bahwa pemasangan orthodontist (kawat gigi) atau yang akrab disebut behel lebih baik jika dilakukan oleh dokter gigi yang telah mengambil spesialisasi orthodontist, walaupun di lapangan banyak ditemui dokter gigi umum yang dapat mengikuti semacam pelatihan khusus pemasangan kawat gigi. pada pelatihan atau kuliah spesialisasi orthodontist ini, dokter gigi akan mendapatkan ilmu tentang teori maupun praktik pemasangan kawat gigi tersebut.

Gigi yang mengalami masalah seperti patah akibat kecelakaan, gigi yang tidak mengatup antara gigi atas dan gigi bawah sehingga keadaan gigi yang demikian sulit untuk dibersihkan, berisiko tinggi untuk terjadi keompongan di usia muda, hingga menyebabkan  stress tersendiri sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri pada leher, bahu, dan nyeri bagian punggung. Gigi yang tidak patah, bengkok atau tidak di tempat yang tepat juga bisa mengurangi penampilan seseorang.

Kawat gigi atau yang disebut dengan orthodontist merupakan salah satu cara merapikan gigi yang marak dilakukan oleh orang – orang yang memiliki masalah terhadap kerapihan gigi. Salah satu keuntungan terapi orthodentist salah satunya adalah untuk memberikan efek rapih pada gigi,mulut yang lebih sehat, dan nilai estetika.

Beberapa hal berikut merupakan manfaat yang didapatkan seseorang ketika memasang kawat gigi:

  • Memperbaiki deretan gigi yang tersusun bertumpuk dan menguatkan gigi
  • Memperbaiki susunan gigi sehingga gigi bagian atas dan bawah dapat bertemu dan mengatup secara sempurna.
  • Mengurangi risiko kerusakan pada gigi geligi.
  • Meningkatkan estetika dan dipercaya dapat meningkatkan penampilan fisik seseorang, termasuk dalam membentuk sebuah senyuman

Tidak sedikit orang mengeluhkan memiliki gigi dengan susunan yang bertumpuk, tidak rapi, atau gigi yang tidak bisa mengatup sempurna ketika ingin mengunyah makanan. Masalah tersebut dapat menjadi awal munculnya kelainan pada syaraf dan otot rahang

Dewasa ini pemasangan kawat gigi dapat dilakukan di tukang gigi yang bahkan belum memiliki surat izin dalam melakukannya. Penting untuk mengonsultasikan masalah kesehatan gigi dan jenis  kawat gigi yang paling pantas untuk dipasang serta diagnosis yang tepat. Berdasarkan diagnosis tersebut, dokter gigi akan memberikan terapi yang tepat dan merekomendasikan jenis kawat gigi untuk menjadi terapi orthodontis.

Beberapa hal berikut menjadi alasan ketika seseorang dapat menemui dokter gigi untuk memasang kawat gigi:

  • Overbite: yaitu gigi bagian atas melampau bibir bagian bawah sehingga terkadang mengurangi estetika
  • Underbite: gigi pada bagian bawah maju lebih depan dari gigi bagian atas yang terlalu ke belakang sehingga gigi tidak dapat mengatup dan bertemu sempurna.
  • Open bite: adanya jarak antara gigi bagian depan dan gigi bagian belakang
  • Spacing: jarak antara gigi yang terlalu besar, lebih dikenal dengan sebutan gigi jarang
  • Crowding: susunan gigi yang terlalu ramai dan terkesan bertumpuk, gigi terlihat kurang rapi saat dilihat

Kawat gigi atau dikenal dengan behel bekerja dengan cara membantu deretan gigi dengan cara memberikan penekanan lembut kepada gigi untuk menggerakkan gigi sehingga gigi dapat memperbaiki posisinya dan mempengaruhi susunan gigi dalam rongga mulut. Setelah memutuskan  untuk memasang kawat gigi, pemasangan kawat gigi akan dimulai dengan pemeriksaan gigi terlebih dahulu, pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi posisi gigi dan mencari celah metode pemasangan kawat gigi . jenis kawat gigi juga bervariasi dan pada umumnya bergantung kepada jenis ukuran logam pengait kawat (cincin orthodontic) yang semakin kecil ukurannya maka akan semakin mahal.

Kisaran harga kawat gigi adalah sebagai berikut:

Daftar Harga Kawat Gigi Tipe Bracket Metal

Jenis kawat gigi/behelHarga (Rp)
Bracket metal mini ortodhontic400.000-500.000
Bracket metal mini/std protec520.000
Bracket metal mini biom560.000
Bracket metal mini imd licency USA570.000
Bracket metal mini motif protec580.000
Bracket metal mini root protec590.000
Bracket metal mini orthoamerica680.000
Bracket metal mini motif orthoamerica730.000
Bracket metal orthoclasic680.000
Bracket metal std epsilon800.000
Bracket metal std classone810.000
Bracket metal dentaurum German980.000

 

Daftar v

Jenis kawat gigi/behelHarga (Rp)
Bracket transparant composite 3b700.000
Bracket transparant composite medkraft820.000
Bracket transparant ceramic classone780.000
Bracket transparant ceramic protec980.000

Daftar Harga Kawat Gigi Lepas Pasang

Jenis kawat gigiHarga (Rp)
Behel lepas pasang twin colour (atas atau bawah saja)90.0000
Behel lepas pasang twin colour (atas bawah)160.000
Behel lepas pasang power chain (atas atau bawah saja)90.000
Behel lepas pasang power chain (atas bawah)160.000
Behel lepas pasang tin colour mix PO (atas twin colour, bawah PO)150.000
Behel lepas pasang power chain mix PO (atas power chain, bawah PO)150.000

Harga di atas belum termasuk harga pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh dokter gigi profesional, penetapan harga pemasangan kawat gigi dapat bervariasi dari satu klinik dokter gigi ke klinik dokter gigi yang lain. Namun kisaran harga mulai dari Rp 2.000.000 untuk pemasangan dari gigi atas saja atau gigi bawah saja. Serta untuk pemasangan kedua bagian gigi biasanya dimulai dari 4.000.000 rupiah.

Pemasangan kawat gigi atau yang akrab disebut behel perlu perawatan kebersihan gigi dan mulut yang lebih serius dibanding ketika seseorang tidak sedang menggunakannya. Ketika memasang kawat gigi, berarti pada mulut seseorang tersebut dipasangkan kawat, cincin pengait kawat serta karet pada gigi.

Pemasangan tersebut membuat gigi terkadang sulit untuk dibersihkan karena sisa makanan yang menyangkut di sela – sela kawat menjadi bagian yang sulit untuk diraih saat proses membersihkan gigi. Oleh karena itu, diperlukan sikat gigi dan pasta gigi yang khusus untuk orang – orang yang sedang menjalani terapi orthodontist untuk mencegah timbulnya plak pada gigi yang akan memproduksi asam yang lama kelamaan dapat menimbulkan kerusakan dan pembusukan pada gigi.

Sikat gigi khusus biasanya didesain mirip seperti sikat gigi biasa, namun untuk pasien dengan terapi kawat gigi, bagian tengah dari sikat gigi tersebut biasanya dibuat seperti bagian kosong yang agak ke dalam, sehingga ketika menyikat gigi, bagian dalam tersebut dapat ditempati oleh deretan kawat gigi yang tidak luput dari proses pembersihan. Untuk pasta gigi, akan lebih baik bagi pasien yang melakukan terapi pemasangan kawat gigi untuk memakai pasta gigi yang kandungan detergent nya sedikit, kandungan detergent yang banyak (ditandai dengan busa yang banyak lama kelamaan akan menurunkan tingkat keputihan gigi).