Cara Menggunakan Albothyl Untuk Sariawan

Cara Menggunakan Albothyl Untuk Sariawan

Cara Menggunakan Albothyl Untuk Sariawan
Cara Menggunakan Albothyl Untuk Sariawan

Sariawan atau yang lebih dikenal sebagai stomatitis aftosa merupakan kondisi luka yang ada di dalam mulut dan sekitarnya yang menimbulkan rasa perih, sakit, dan tidak nyaman. Luka tersebut bisa berbentuk seperti bulat atau oval dengan warna putih atau kekuningan dan tepian yang kemerahan diakibatkan karena peradangan. Lokasi sariawan bisa terjadi di bagian bibir, di dalam pipi, di permukaan gusi, hingga permukaan lidah. Sariawan bisa tumbuh hanya satu namun juga bisa lebih.

Sariawan memang bukan termasuk kategori penyakit menular. Namun pada beberapa kasus yang terjadi, luka pada sariawan dapat disebabkan karena adanya infeksi pada virus. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun, baik itu anak-anak maupun dewasa. Namun memang sering terjadi pada usia anak-anak. Umumnya sering dialami oleh kebanyakan remaja yang berusia 10-19 tahun diakibatkan karena kondisi kebersihan mulut dan sekitarnya yang kurang bersih atau karena adanya kerusakan yang terjadi apda selaput lendir yang terletak di rongga mulut. Sariawan biasanya muncul dalam kondisi yang tidak terlalu parah bahkan dapat pulih tanpa diberikan pengobatan  dalam jangka 1-2 minggu.

Penyebab Sariawan

Tidak hanya disebabkan karena kondisi kebersihan mulut dan kerusakan yang terjadi pada selaput lendir saja, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat memicu munculnya sariawan, antara lain adalah:

  • Cedera pada lapisan yang ada di dalam mulut, biasanya terjadi akibat bibir yang tergigit tidak sengaja, kondisi gigi terlalu tajam, menggunakan kawat gigi, atau mengunyah makanan-makanan keras.
  • Kekurangan vitamin B12 atau zat besi, sehingga membuat sistem imun tubuh menjadi lemah.
  • Efek samping mengkonsumsi obat atau pengobatan yang dapat memicu sariawan semisal nicorndil,obat anti inflamasi nonsteroid, radioterapi, kemoterapi, dan lainnya.
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sariawan, seperti makanan pedas dan kopi
  • Perubahan hormone, hal ini biasanya sering terjadi pada wanita selama masa menstruasi. Sehingga tak heran jika wanita seringkali mengalami sariawan selama masa-masa tersebut. Selain itu sariawan juga dapat dipicu karena kondisi gelisah, stress, dan depresi yang dihadapi seseorang.
  • Penggunaan pasta gigi maupun obat kumur yang tidak sesuai.

Pengobatan Sariawan Dengan Menggunakan Albothyle

Meskipun sariawan bisa disembuhkan sendiri tanpa melalui pengobatan apapun, namun jika luka sariawan dibiarkan terus menerus tentu saja akan menimbulkan ketidaknyaman. Untuk mengobati sariawan, anda bisa menggunakan obat khusus untuk mengobati luka sariawan. Salah satunya yaitu albothyle, obat ini dijual bebas di apotek dan dapat anda gunakan sebagai cara mengobati luka sariawan.

kandungan yang ada di dalam albothyle, obat penyembuh luka ini antara lain adalah kondensasi yang berasal dari hasil meracresolsulfonat serta metanal. Dalam setiap 1 gram albothyle, memiliki kandungan tersebut sekitar 360 mg. Ada banyak manfaat baik yang dapat dilakukan oleh albothyle, salah satunya yaitu digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Albothyle mampu menyembuhkan luka sariawan tanpa menimbulkan rasa perih dan dapat menutup luka dengan cepat serta tidak mempengaruhi jaringan yang sehat.

Bagi anda yang ingin menyembuhkan sariawan dengan menggunakan albothyle, berikut ini cara pemakaian albothyle untuk sariawanyang mudah dan cepat.

  • Encerkan sekitar 10 tetes albothyle dengan air
  • Gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur
  • Setelah itu bilas dengan air bersih.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara pakai albothyle untuk sariawan di lidah berikut ini:

  • Siapkan albothyle dan cotton bud
  • Tuangkan albothyle pada cotton buds
  • Setelah itu oleskan tepat pada luka sariawan, baik di bibir, rongga mulut, atau lidah
  • Tunggu hingga meresap, anda bisa melihatnya meresap saat pada luka sariawan berubah warna menjadi putih

Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam cara pakai albothyl untuk sariawan ini.Penggunaan obat ini hanya dianjurkan oleh dewasa saja, sehingga hindari pemakaian untuk anak.-anak.

Manfaat Lain Albothyle

Selain dapat menyembuhkan sariawan, ada banyak manfaat lainnya yang bisa anda gunakan dari albothyle. Nah berikut ini khasiat lainnya dari obat albothyle:

  • Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Tidak hanya dapat menyembuhkan pada luka sariawan saja, albothyle juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan luka pada permukaan kulit. Saat anda terjatuh dan kemudian terlukan, gunakan albothyle untuk mempercepat penyembuhan luka. Caranya sangat mudah, bersihkan luka terlebih dahulu. Setelah itu gunakan kapas untuk mengolesi luka tersebut selama 2 menit.

  • Membersihkan Alat Kelamin

Organ kewanitaan memang rentan terhadap serangan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menjaga nya anda bisa menggunakan albothyle sebagai pembersih kewanitaan. Cara nya pun sangat mudah, anda perlu mengencerkan setidaknya 15 tetes albothyle ke dalam satu gelas air. Setelah itu gunakan enceran tersebut untuk membilas atau cukup dibasuhkan ke bagian kewanitaan. Atau anda juga dapat menggunakan handuk kecil yang dibasahi dengan enceran tersebut. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih

Cara ini juga bisa digunakan pada alat kelamin pria, dengan cara yang sama. Anda hanya perlu membasuh alat kelamin dengan menggunakan albothyle yang sudah diencerkan tersebut. Setelah itu bilas hingga bersih.

  • Mengurangi Bintil Kemerahan Yang Diakibatkan Popok

Biasanya bayi yang terlalu lama menggunakan popok akan muncul bintik kemerahan. Terutama bagi bayi atau anak yang masih memiliki kebiasaan mengompol dan harus selalu menggunakan popok. Sehingga menyebabkan terjadinya iritasi karena kondisi popok yang terlalu lembab.

  • Campurkan 30 ml air bersih dan 5 tetes albotyle
  • Setelah itu gunakan kapas dan basahi kapas tersebut
  • Oleskan pada bagian kulit bayi yang terdapat bintil kemerahan
  • Lakukan berulang kali agar mengurangi iritasi yang lebih parah lagi
  • Menyembuhkan Sakit Gigi

Albothyle juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Jika anda mengalami gigi yang mengalami pembengkakan dan disertai keluarnya darah yang berasal dari bagian gusi. Maka albothyle menjadi obat luar yang terbaik. Fungsi albothyl adalah sebagai hemostatic yang dapat menghentikan pendarahan.

  • Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut tentunya menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu. Bahkan tak jarang membuat orang tidak percaya diri. Bau mulut disebabkan karena bakteri maupun pekatnya rasa makanan yang dikonsumsi. Dengan albothyle, masalah ini bisa teratasi dengan cepat.

Namun sayangnya akhir-akhir ini terdapat pelarangan penggunaan albothyle untuk obat sariawan. Hal ini karena albothyle merupakan obat dengan kandungan policresulen sebesar 36%. Pelarangan ini pun dikeluarkan langsung oleh pihak BPOM. Menurut BPOM, dengan kandungan kosentrat sebesar itu, maka seharusnya penggunaan albothyle haruslah menggunakan resep dokter. Selain itu penggunaan obat haruslah diencerkan terlebih dahulu.

Jika tidak, maka akan menimbulkan efek samping. Nah itu tadi informasi seputar cara menggunakan albothyl untuk menyembuhkan sariawan yang dapat dilakukan. Jika luka sariawan tidak segera sembuh, akan lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk ditangani lebih lanjut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.