Cara Membuat Rambut Tidak Mengembang

Cara membuat rambut tidak mengembang

Rambut mengembang biasanya disebabkan karena rambut kekurangan nutrisi atau kelembaban. Atau bisa juga disebabkan karena pelembab rambut yang membuat kelembaban yang tidak bernutrisi. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dipilih untuk mengatasi rambut yang mengembang.

cara mengatasi rambut mengembang menjadi lurus
cara mengatasi rambut mengembang menjadi lurus
  1. memilih sampo yang mengandung gliserin dan tidak mengandung sulfat

pilihlah sampo untuk rambut dengan kandungan gliserin yang tinggi, karena kandungan tersebut dapat membantu melawan rambut yang mengembang dengan menembus batang rambut hingga bisa menghidrasi rambut dari dalam ke luar dan membuat lapisan pelindung pada bagian luar permukaan rambut sehingga tidak rusak dan mengembang.

  1. jangan lewatkan prosedur menggunakan pelembab atau conditioner

Menggunakan conditioner atau pelembab rambut bertujuan untuk dapat menjaga kelembaban rambut agar lebih tahan lama. Jika tidak dilakukan, kutikula yaitu kulit ari atau lapisan ari rambut akan terbuka dan membuat rambut yang semula lembab dan lembut menjadi mengembang. Carilah conditioner yang mengandung tinggi gliserin dan bahan – bahan yang dapat melembabkan lainnya  seperti minyak kelapa dan shea butter. Aplikasikanlah conditioner dengan  mengaplikasikannya pada tengah batang rambut sampai ke ujung, hindari menggunakannya dari pangkal karena meningkatkan risiko rambut rontok.

  1. dalam seminggu, lakukanlah dua kali penggunaan conditioner (tanpa sampo sebelumnya)

Rambut yang dikeramas setiap hari akan kehilangan minyak alami ya an membuat rambut semakin kering dan mengembang. Setiap dua hari sekali, gunakanlah conditioner tanpa sampo sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan conditioner mengandung zat yang dapat melembabkan kulit seperti yang juga terdapat pada sampo.

  1. menggunakan masker rambut sekali seminggu.

Lakukanlah treatment rambut setidaknya satu kali dalam seminggu, khususnya pada musim dingin karena udara yang kering membuat rambut menjadi ikut kering, dan memberi masker pada rambut akan membuat rambut menjadi lembab dan tidak rentan mengembang

  1. gosokanlah minyak pada rambut yang kering

Gunakanlah minyak khusus pelembab pada jenis rambut yang kering selagi basah. Minyak dapat berperan sebagai penghalang agar kelembaban rambut tidak keluar, sehingga kelembaban rambut tetap terjaga dan terhindar dari rambut kering dan mengembang.

  1. menyanggul rambut

Setelah rambut diberi sampo, diberi conditioner, dan ditambahkan minyak khusus pelembab rambut, lakukanlah blowing terhadap rambut dan bila perlu sanggulah rambut ke dalam untuk memberikan efek ikal yang indah dan sehat setelah sanggul atau gelungan rambut dibuka.

cara mengatasi rambut mengembang dan tebal
cara mengatasi rambut mengembang dan tebal

Beberapa teknik perawatan keindahan rambut dapat dengan menggunakan gel, pasta, pomade, maupun wax yang dapat digunakan untuk melakukan proses smoothing pada rambut. Gunakanlah produk yang tidak lengket dan dapat membantu agar rambut tetap terlihat lembut alami tanpa harus melakukan hair styling terus terusan.

  • Lakukanlah blowing rambut, agar rambut selalu terlihat rapih dan tidak mengembang. Blowing masuk merupakan salah satu cara untuk mengontrol rambut yang mudah sekali mengembang. Lakukanlah blowing dengan cara menggunakan sisir bulat (khusus blowing) dan gunakanlah hair dryer. Sisirlah rambut dengan rapi terlebih dahulu, gunakanlah sisir bulat dan bentuklah rambut menjadi masuk ke dalam menggunakan sisir bulat yang diberi tekanan pada hair dryer. Hal ini akan membuat rambut terlihat halus, lembut, bervolume dan terhindar dari rambut yang tampak mengembang
  • Tips selanjutnya adalah hindari memotong rambut dengan potongan yang tidak tepat

Rambut yang tebal dan nampak bervolume merupakan rambut indah yang jarang terlihat mengembang. Namun rambut seperti ini harus dijaga agar tidak rusak, karena rambut yang panjang dan rusak dapat memudahkan rambut menjadi terlihat mengembang dan kusam. Cara terbaik untuk membuat rambut tampak tidak mengembang adalah dengan membiarkan rambut tumbuh panjang

cara membuat rambut mengembang menjadi lemas
cara membuat rambut mengembang menjadi lemas
  • Hindari menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut

Rambut yang dirawat memang akan menghasilkan rambut yang indah, dan tidak terlihat berantakan. Namun sangat penting untuk diperhatikan bahwa penggunaan produk perawatan yang banyak dan bergonta ganti menimbulkan risiko rambut rusak lebih besar dari orang yang menggunakan sedikit produk perawatan rambut namun konstan. Setiap wanita maupun lelaki memiliki permasalahan rambut yang berbeda. Namun kebanyakan iklan sampo maupun conditioner menawarkan beberapa produk yang secara general dapat mengatasi maslaah rambut rontok, ketombe, rambut kusam, hal tersebut membuat beberapa orang tertarik untuk menggunakan produk tersebut tanpa terlebih dahulu mengetahui jenis rambut dan masalah rambut mereka yang sebenarnya.

  • Pertimbangkan untuk melakukan treatment keratin pada rambut di salon

Treatment keratin pada rambut dapat membantu membuat rambut yang mengembang berubah menjadi rambut yang halus dan tampak terawat dari dalam dan tampak sehat alami. Keratin dapat menyehatkan rambut yang rusak (seperti berwarna kemerahan, bercabang, dan rapuh), dan merupakan zat yang tidak berbahaya bila digunakan secukupnya. Namun direkomendasikan untuk melakukan perawatan keratin pada rambut ini di salon, karena apabila membeli paket perawatan keratin sendiri, dikhawatirkan terdapat zat kimia yang terdapat pada bungkus dari keratin dan bersifat racun.

  • Hindari melakukan hair styling yang berlebihan.
  • Manusia khususnya wanita sangat memperhatikan keindahan rambut. Setiap orang setuju bahwa rambut adalah mahkota wanita yang harus dijaga dan dirawat, terkadang seseorang dapat terlihat lebih menawan dari biasanya karena penampakan rambut yang indah, terawat, dan tampak sehat alami. Maka dari itu, tidak jarang penampakan rambut yang rusak dan mengembang memberikan tekanan tersendiri bagi seseorang khususnya wanita.

Rambut yang indah tidak di definisikan sebagai rambut yang panjang dan hitam saja. Namun rambut yang indah merupakan rambut yang tampak terjaga dan terhindar dari penampakan fisik rambut yang kering dan mengembang.

Rambut yang indah tidak harus merupakan rambut yang panjang, rambut dengan potongan pendek pun akan indah dilihat apabila dapat dirawat dengan baik. Berbanding terbalik dengan prasangka orang awam pada umumnya, untuk mendapatkan rambut yang indah tidak selalu harus dengan melakukan perawatan rambut yang mahal di salon.

Namun rambut yang indah dapat didapatkan dengan berbagai cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mendapatkan rambut yang indah dapat pula dengan cara menjaga rambut tersebut dari sinar matahari, sehingga bagi wanita yang berkerudung hal tersebut termasuk cara alami mencegah kerusakan rambut.  Wanita yang berkerudung membuat rambut dapat terhindar dari paparan sinar matahari, sinar matahari merupakan salah stau musuh besar bagi rambut.

Sinar matahari dapat mengubah warna rambut menjadi kemerahan, membuat rambut menjadi sangat kering sehingga rentan untuk terlihat mengembang, serta matahari juga dapat membuat rambut menjadi rapuh dna rentan bercabang. Oleh karena itu menutupi rambut merupakan salah satu cara paling sederhana yang dapat dilakukan. Survei membuktikan bahwa wanita yang menggunakan kerudung merasakan bahwa rambut mereka terlihat lebih indah setelah ditutupi kain kerudung ketimbang sewaktu dibiarkan terpapar oleh sinar matahari. Namun hindari mengikat rambut yang masih basah agar terhindar dari rambut yang patah dan semakin merusak rambut.