Cara melentikkan bulu mata

Cara melentikkan bulu mata
Cara melentikkan bulu mata

Selain alis, bulu mata juga merupakan komponen penting yang diperhatikan oleh kaun wanita karena dapat menunjang penampilan. Wanita menyukai bulu mata yang panjang dan lentik sehigga tidak jarang kaum hawa rela merogoh kocek untuk mendapatkan perawatan bulu mata agar terlihat panjang dan lentik.

Cara melentikkan bulu mata

Cara yang lazim digunakan oleh wanita untuk mendapatkan bulu mata yang tampak panjang dan lentik adalah dengan menggunakan maskara, namun penggunaan maskara hanya akan memperindah bulu mata untuk sementara, maskara akan segera hilang ketika mandi ataupun menghapus make up menggunakan make up remeover.

Selain menggunakan maskara, wanita saat ini juga sedang menggandrungi treatment berupa eyelash extentionatau perawatan kecantikan menggunakan bulu mata palsu yang tahan lebih lama (tergantung jenis yang dipilih) dengan harga yang tidak murah. Ketimbang mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk memanjangkan dan melentikkan bulu mata, beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik secara alami:

  1. Mengoleskan Vaseline

Vaseline sudah dikenal sebagai produk serbaguna yang banyak memberikan efek positif untuk memperindah wajah maupun kulit, vaselin ternyata juga dapat memberikan efek untuk memanjangkan dan melentikkan bulu mata.

Gunakan cottonn bud atau spoolie bekas maskara yang sudah dibersihkan untuk mengambil vaselin secukupnya, oleskan pada bulu mata (seperti menggunakan maskara), pada ujung – ujung tumbuhnya buluu mata, lakukan sebelum tidur secara rutin. Diamkan selama 15 menit kemudian cuci dengan air sampai bersih, lakukan hal tersebut berulang kali sampai beberapa minggu dan hasilnya terlihat.

  1. Makanan yang kaya vitamin dan protein

Sama halnya apabila ingin menumbuhkan rambut, makanan yang mengandung vitamin dan protein akan membantu rambut tumbuh lebat dengan waktu yang cepat. Sumber makanan yang dapat dikonsumsi misalnya kacang – kacangan, susu, telur, ikan, dan yoghurt.

  1. Alov Vera

Produk yang sedang menjadi trending topic lainnya adalah aloe vera / lidah buaya yang terkenal memiliki berbagai zat nutrisi dan vitamin yang juga dapat membantu menumbuhkan bulu mata. Selain berguna sebagai pelembab wajah, aloe vera juga dapat menjadi pelembab pada bulu mata dan merangsang bulu mata untuk tumbuh lentik dan lebat lebih cepat.

Campurkan aloe vera degan 1 sendok teh minyak jojoba dan 1 sendok teh minyak bunga matahari (jika bahan tidak tersedia, dapat digunakan aloe vera saja), oleskan campuran tersebut pada bulu mata menggunakan spoolie bekas maskara yang telah dibersihkan sebanyak dua kali sehari, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas menggunakan air hangat kuku hingga bersih. Ulangi prosedur sampai hasilnya terlihat sesuai seperti yang diharapkan ( biasanya terlihat dalam beberapa bulan)

  1. Lip Balm

Tidak banyak yang mengetahui bahwa produk perawatn bibir yaitu Lip Balm juga dapat dimanfaatkan untuk membuat bulu mata tumbuh lebat dan lentik. Aplikasikan lip balm pada  kulit mata untuk mendapatkan efek melembabkan. Lip Balm tidaka hanya dapat melentikkan bulu mata secara alami, namun juga membuat bulu mata akan lebih kuat, dan tumbuh lebih panjang.

  1. Castor Oil (minyak jarak)

Castor oil dapat dibeli dalam bentuk kemasan yang mudah didapatkan. Castor oil merupakan produk yang dapat menutrisi dan menstimulasi folikel bulu mata sehingga membantu mendapatkan bulu mata yang lentik dan berkilau secara alami, serta mencegah munculnya mikroorganisme yang sering terdapat pada rambut – rambut dan dapat menekan pertumbuhan bulu mata.

  1. Menggunakan vitamin E

Vitamin E yang telah dikemas dalam bentuk gel di dalam kapsul (seperti kemasan obat) sudah mulai banyak dijual di pasaran. Gunakanlah vitamin E tersebut untuk memanjangkan dan melentikkan bulu mata dengan cara mengeluarkan gel tersebut dan dioleskan menggunakan spoolie pada bulu mata (dapat ditambahkan castor oil dan minyak kelapa)

  1. Masase atau pemijitan di daerah kelopak mata

Melakukan  pemijitan ringan pada kelopak dapat merangsang pertumbuhan bulu mata. Masase dapat melancarkan aliran darah ke folikel rambut pada mata (bulu mata), sehingga melancarkan nutrisi ke daerah folikel sehingga merangsang pertumbuhan rambut dan mnecegah tumbuhnya bulu mata yang tipis dan mudah rontok.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang daerah wajah, lakukan masase pada daerah di sekitar kelopak (dapat melakukan masase dengan menggunakan petroleum jelly) , lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar, lakukan selama 5 – 7 menit dua kali sehari, lakukan dengan rutin sampai beberapa bulan.

Selain menggunakan bahan – bahan alami seperti yang dianjurkan di atas, memanjangkan dan melentikkan bulu mata juga harus memperhatikan berbagai hal berikut:

  • Jaga selalu kebersihan mata termasuk daerah di sekitar bulu mata, bersihkan dengan air apabila terasa gatal ( jangan menggosok – gosok daerah mata).
  • Hati – hati dengan produk masakara yangg dipilih dan cara menggunakan maskara haruslah dengan prosedur yang benar. Pilihlah jenis maskara yang tidak waterproof karena biasanya maskara jenis ini terbuat dari bahan – bahan yang membuat maskara menjadi sangat lengket dan dapat membuat bulu mata menjadi mudah rontok.
  • Sebelum tidur, pastikan bahwa bagian mata terbebas dari make up (termasuk maskara) karena make up yang tertinggal di bulu mata dapat merusak bulu mata sehingga rentan untuk rontok.
  • Pastikan untuk tidak memakai produk maskara yang telah kardaluarsa (hindari memakai produk maskara yang sama lebih dari 6 bulan) agar terhindar dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada bulu mata sehingga menimbulkan gejala nyeri dan sakit pada bagian mata.
  • Bersihkan maskara yang menumpuk di bulu mata agar tidak membuat bulu mata menjadi mudah rontok dan rusak.
  • Hati – hati ketika menggunakan bulu mata palsu atau alat pelentik bulu mata. Menggunakan keduanya dapat memberikan tekanan pada bulu mata sehingga memungkinkan untuk bulu mata menjadi rontok. Lakukanlah prosedur yang hati – hati apabila ingin memasang bulu mata palsu maupun menggunakan alat pelentik bulu mata.
  • Apabila menggunakan alat pelentik bulu mata, gunakanlah dengan menggunakan kekuatan tekanan yang ringan dan dilakukan berulang kali daripada melakukan penekanan yang sangat kuat pada bulu mata. Hal tersebut dapat membuat bulu mata menjadi rentan terhadap kerapuhan. Gunakan sebelum menggunakan maskara, saat ini beberapa wanita gemar menggunakan alat pelentik bulu mata setelah menggunakan maskara, namun hal tersebut kurang direkomendasikan karena melentikkan bulu mata pada mata dengan maskara yang masih basah dapat membuat bulu mata menempel pada alat pelentik, dan membuat bulu mata mejadi rontok
  • Sesekali manjakan daerah mata dengan melakukan perawatan yang sangat sederhana menggunakan air hangat. Gunakan kapas wajah dan basahi meggunakan air hangat kuku, pejamkanlah mata dan mulailah membersihkan daerah mata dan bulu mata menggunakan kapas wajah yang telah dibasahi air hangat dengan penekanan yang lembut. Ulangi pada kedua mata