Cara cepat menumbuhkan kumis

Cara cepat menumbuhkan kumis
Cara cepat menumbuhkan kumis

Memiliki wajah dengan kumis yang lebat dipercayai oleh banyak pria bahwa hal tersebut merupakan salah satu kriteria yang harus dimiliki pria untuk dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum wanita. Kumis merupakan hal lain yang menarik dari para pria selain garis muka dan rahang yang tegas.

Cara cepat menumbuhkan kumis

Dengan modal tersebut, selain dapat memikat hati wanita, memiliki kumis yang lebat dapat menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi bagi kaum pria, hal tersebut berhubungan dengan kepercayaan diri dalam mendapatkan pekerjaan penghasilan, dan penghasilan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan kesehatan dan hal lainnya. Selain manfaat tersebut, menurut salah satu jurnal luar negeri yang membahas tentang komunikasi dalam proses marketing, menginformasikan bahwa pria yang memiliki wajah dengan kumis yang lebat juga lebih dipercaya berhasil menawarkan suatu produk dagangan ketimbang pria yang tidak berkumis.

Berikut ini merupakan cara cepat yang dapat dilakukan untuk dapat menumbuhkan rambut wajah (termasuk kumis) bagi pria:

  1. Gunakan air hangat. Mencuci muka merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar selalu bersih dari kotoran dan debu yang menempel. Mencuci muka dengan menggunakan air hangat adalah salah satu pilihan untuk merangsang pertumbuhan kumis. Selain menggunakan air hangat, lakukan pencucian menggunakan sabun pembersih yang ringan di kulit. Lakukan pembersihan kulit wajah secara teratur karena wajah yang bersih akan mempercepat pertumbuhan rambut di wajah.
  2. Eksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan untuk mencegah kulit terlihat kusam dan mengeluarkan penumpukan kotoran – kotoran di wajah yang dapat menghambat proses pertumbuhan rambut wajah termasuk kumis dan jenggot.
  3. Minyak kayu putih. Gunakan minyak kayu putih di wajah sebagai pelembab, setelah itu lakukan massage atau pemijatan pada wajah untuk menstimulasi pertumbuhan kumis maupun jenggot.
  4. Mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat zinc, vitamin D, dan magnesium. Makanan yang mengandung zat – zat tersebut selain baik untuk nutrisi tubuh, juga baik untuk membantu mengoptimalkan produksi hormon testosteron, yaitu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada laki – laki yang salah satu fungsinya adalah merangsang pertumbuhan karakteristik pada laki- laki (tumbuhnya kumis dan jenggot adalah salah satunya). Sumber makanan yang dapat dikonsumsi adalah ikan, alpukat, kacang-kacangan, dark cokelat, dan lain- lain.
  5. Mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin B7 (biotin). Vitamin B7 dapat ditemukan pada beberapa sumber makanan seperti kacang – kacangan, telur, susu, daging, gandum, dan daging ayam. Biotin dapat membantu menumbuhkan rambut dan menguatkan akar rambut (termasuk kumis dan jenggot). Di samping itu, vitamin B7 bermanfaat untuk menyehatkan sistem saraf, pencernaan, jantung, dan proses metabolisme tubuh.
  6. Gaya hidup sehat dan tidur cukup. Peneliti telah membuktikan beberapa studi yang menunjukkan bahwa gaya hidup yang sehat aka memberikan efek yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik dapat memperbaiki proses pertumbuhan rambut termasuk rambut wajah. Meningkatkan aktifitas fisik juga terbukti dapat meningkatkan produksi hormon testosteron laki – laki yang dapat merangsang pertumbuhan karakter fisik laki – laki (salah satunya pertumbuhan kumis dan jenggot)
  7. Mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan protein. Sumber protein yang dapat dikonsumsi adalah ikan, telur, dan daging.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, beberapa ramuan alami berikut ini dapat dicoba untuk menumbuhkan kumis:

  1. Mencampurkan jus lemon dan bubuk kayu manis. Untuk membuat ramuannya, lakukan langkah berikut:
  • Campurkan 2 sendok makan lemon yang telah diperas dan 1 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam mangkuk atau wadah.
  • Campurkan keduanya hingga merata
  • Layaknya masker wajah, oleskan tipis pada wajah (yang ingin ditumbuhi rambut)
  • Biarkan selama sekitar 25 – 30 menit, kemudian cuci wajah dengan menggunakan air dingin dan pembersih wajah yang ringan dan cocok di wajah.
  • Gunakan handuk bersih atau tisu wajah untuk membersihkan muka (ingat untuk selalu membersihkan wajah!)
  • Gunakan pelembab wajah untuk tetap menjaga kelembaban wajah
  • Ulangi prosedur di atas setiap hari, berhenti apabila terdapat tanda – tanda iritasi (kemerahan, perih, muncul rasa terbakar)
  1. Membuat campuran minyak kayu putih dan air dengan cara:
  • Campurkan minyak kayu putih dan air dengan rasio 1:4
  • Gunakan kapas wajah dan oleskan pada wajah
  • Diamkan selama beberapa saat

Jangan teruskan apabila merasakan gejala iritasi (kemerahan, perih, muncul rasa terbakar! Tidak direkomendasikan untuk kulit wajah sensitif!)

Selain melakukan hal yang telah disebutkan di atas, mulailah melakukan aktivitas hidup sehat salah satu yang paling efektif untuk dilakukan adalah berhenti merokok . Kandungan nikotin yang ada pada rokok dapat mempersulit tubuh untuk dapat menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga nutrisi tidak dapat merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut dengan optimal. Merokok juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia, dan ketika kekebalan tubu atau sistem imun tubuh menurun, proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi di dalam tubuh juga akan terhambat, salah satu proses pertumbuhan yang terhambat adalah pertumbuhan rambut.

Memiliki kumis yang lebat juga harus dioptimalkan dengan perawatan yang memadai sehingga terhindar dari efek yang tidak diinginkan. Lakukanlah beberapa hal berikut untuk merawat kumis:

  1. Kontrol

Walaupun dalam proses menumbuhkan kumis, pertumbuhan kumis juga tetap harus dikontrol agar tidak tubuh di daerah – daerah yang akhirnya membuat kumis tampak tumbuh berantakan. Tetapkan batas pertumbuhan kumis, sehingga apabila kumis tumbuh di luar daerah tersebut maka lakukan pencukuran agar tetap terlihat rapi.

  1. Pencukuran

Mencukur kumis merupakan bagian penting dalam proses perawatan kumis. Lakukan pencukuran setidaknya satu kali sebulan untuk menghilangkan rambut- rambut yang dikira tumbuh namun tidak rapi dan menampakkan kesan berantakan.

  1. Shampo

Gunakan sampo atau sabun khusus untuk menutrisi rambut wajah. Kumis yang tumbuh di kulit wajah sama hal nya dengan rambut yang tumbuh di kepala, akan besar kemungkinan munculnya ‘ketombe’ atau serpihan- serpihan kulit. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan sampo khusus perawatan rambut wajah.

  1. Menutrisi tubuh

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh, juga akan menutrisi folikel rambut baik rambut kepala maupun rambut di wajah (termasuk kumis). Diet yang seimbang akan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat, sehingga kumis yang tumbuh juga akan mendukung penampilan seorang pria terlihat lebih jantan dan muda. Seperti cara menjaga kesehatan tubuh pada umumnya, meminum air putih yang banyak akan membantu menjaga kelembaban dan kesehatan tubuh termasuk pertumbuhan rambut. Disarankan untuk minum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari.