Cara Cepat Hamil untuk Penderita PCOS

Cara Cepat Hamil untuk Penderita PCOS –Setelah membahas cara cepat hamil bagi penderita endometriosis kini kita akan membahas cara cepat hamil untuk penderita PCOS. Seringkali muncul kehawatiran pada wanita penderita PCOS yang memunculkan pertanyaan : apakah saya akan susah hamil?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita akan coba membahas dan berbagi informasi seputar Cara Cepat Hamil untuk Penderita PCOSini. Saat ini ada bermacam upaya yang bisa kita tempuh untuk memperoleh keturunan. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara agar cepat hamil khususnya bagi penderita PCOS, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu PCOS.

PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan hormonal yang terjadi pada wanita. Biasanya penderita pcos memiliki ovarium abnormal. Selain itu, kebanyakan penderita juga memiliki banyak kista dalam ovariumnya. Sindrom ini dapat memicu terjadinya obesitas, jerawat dan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sindrom ini dapat dialami 1 dari 10 wanita. Sindrom ini juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. PCOS disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu penyebab utamanya adalah faktor genetika atau keturunan.

Gejala yang dialami beberapa wanita yang menderita PCOS berbeda-beda. Namun ada gejala-gejala umum yang sering dijumpai pada penderita pcos pada umumnya, seperti :

  • Menstruasi tidak teratur
  • Kemandulan
  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Kulit berminyak
  • Timbul jerawat yang berlebihan dan parah
  • Tumbuhnya kista kecil di ovarium

Karena gejala-gejala yang dialami bervariasi pada setiap penderita, sebaiknya anda memastikan dengan cara berkonsultasi langsung dengan dokter.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dianjurkan sebagai cara cepat hamil bagi wanita penderita PCOS

Olahraga Rutin

Dengan berolahraga secara rutin dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Sehingga dapat membuat menstruasi anda menjadi teratur dan juga meningkatkan kesuburan. Anda bisa melakukan berbagai olahraga ringan, seperti jogging dan yoga secara rutin.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Kurangi makanan berlemak. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, namun anda harus selektif dalam memilih makanan yang mengandung karbohidrat. Jangan cuma mengkonsumsi makan makanan yang mengandung karbohidrat saja. Pilihlah sayuran dan buah-buahan sebagai asupan karbohidrat anda. Anda juga bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari makanan lain, seperti kacang dan biji-bijian.

Pilih Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik adalah suatu indikator ukuran kecepatan suatu makanan yang dapat diuraikan oleh tubuh. Wanita yang mempunyai indeks glikemik rendah dapat membuat siklus menstruasi menjadi teratur. Dengan begitu, kemungkinan anda untuk bisa hamil semakin besar karena kesuburan anda semakin meningkat. Anda bisa menjaga indeks glimemik anda tetap rendah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga pola makan. Hindari makanan yang dapat membuat indeks glikemik tinggi, seperti nasi putih, kerupuk, kentang rebus, semangka dan keripik jagung.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda penderita PCOS serta mempunyai berat badan lebih, maka langkah awal untuk bisa hamil adalah dengan menurunkan berat badan. Anda bisa menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat. Ada beberapa tips untuk melakukan diet sehat, diantaranya adalah:

  • Menghindari makanan yang mengandung gula buatan, karena gula buatan dapat meningkatkan insulin dalam tubuh anda.
  • Mengganti nasi putih dengan beras merah
  • Mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3
  • Mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan

Selain melakukan cara untuk bisa hamil seperti di atas, jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan anda. Semoga informasi mengenai Cara Cepat Hamil untuk Penderita PCOS di atas dapat membantu anda untuk memiliki keturunan.