Boleh Atau Tidak Penderita Kolestrol Makan Daging?

Boleh Atau Tidak Penderita Kolestrol Makan Daging?

Boleh Atau Tidak Penderita Kolestrol Makan Daging
Boleh Atau Tidak Penderita Kolestrol Makan Daging

Memiliki kadar kolestrol yang cukup tinggi di dalam tubuh tentunya akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah dan gangguan pada kesehatan. Bahkan jika kadar kolestrol terlalu tinggi nantinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Lalu apa yang sebenarnya menyebabkan seseorang memiliki kolestrol yang tinggi? Hal ini mungkin dapat dipicu karena kebiasaan yang kurang sehat, misalnya kurang menjaga makanan yang dikonsumsi sehari-harinya.

Makanan yang anda konsumsi dapat menjadi penyebab mengapa seseorang dapat menderita kolestrol yang tinggi. Sehingga penting untuk menjaga apa yang kita konsumsi karena bisa jadi pemicu kadar kolestrol yang meningkat. Makanan-makanan yang perlu di hindari bagi anda yang menderita kolestrol tinggi adalah makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Dan wajib bagi anda yang sudah menderita kolestrol untuk menghindari makanan-makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi ini dapat ditemukan pada beberapa makanan semisal daging-dagingan:

  • Daging sapi, setidaknya terdapat sekitar 105 mg kadar kolestrol yang terkandung di dalam daging sapi. Makanan ini merupakan makanan yang menjadi pantangan bagi yang memiliki koletsrol tinggi.
  • Daging kambing juga memiliki kadar kolestrol yang sama seperti daging sapi. Bahkan gajih kambing memiliki kandungan kalori hingga 130 mg

Selain itu kolestrol yang tinggi juga dapat ditemukan dalam daging unggas seperti daging ayam, bebek, daging domba, dan daging lainnya dengan kadar lemak serta kolestrol jahat (LDL) yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara terus menerus bukan tidak mungkin jika dapat meningkatkan kolestrol dengan cepat.

Apakah Penderita Kolestrol Tinggi Tidak Dapat Mengkonsumsi Daging?

Sebenarnya sangat disarankan bagi penderita kolestrol tinggi untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kolestrol tinggi di dalamnya, termasuk daging. Namun penderita kolestrol masih dapat mengkonsumsi daging asalkan dengan takaran yang tepat dan pengolahan yang benar. Tidak semua bagian daging memiliki kandungan lemak yang jahat.  Saran dari dokter sendiri sebaiknya jika anda ingin mengkonsumsi daging, maka pilih bagian daging dengan kandungan lemak yang rendah semisal bagian paha atau dada. Jangan mengkonsumsi daging yang dekat dengan bagian tulang karena biasanya kandungan lemak di dalamnya cukup tinggi.

Namun jika anda masih merasa ragu, maka sebaiknya anda coba mengolah daging tersebut dengan tepat sehingga kandungan lemak di dalamnya benar-benar tidak ada. Anda bisa mencoba merebus terlebih dahulu dan buang air rebusan yang pertama sebelum anda akan mengolahnya dengan bumbu. Dengan merebus  daging terlebih dahulu selama 30 menit akan melarutkan lemak yang ada di dalam daging dan kemudian dapat anda buang. Setelah itu anda bisa merebus daging kembali dengan menggunakan bumbu yang anda inginkan.

Selain itu porsi daging yang anda konsumsi juga harus diperhatikan. Misalnya saja saat mengkonsumsi daging sapi. Usahakan untuk mengkonsumsinya sesekali saja dengan setiap porsinya hanya 100 gram. Kadar kolestrol sapi yang cukup tinggi sekitar 125 mg/100 gr nya dapat beresiko jika dikonsumsi berlebihan bagi penderita kolesterol. Untuk daging kambing, akan lebih disarankan mengkonsumsinya tanpa lemak karena hanya mengandung 70 mg/100 gr. Sedangkan untuk bagian gajih kambingnya bisa mencapai 130 mg dan tentu saja tidak baik untuk kadar kolestrol di dalam tubuh.

Makanan Yang Pantang Untuk Kolestrol Tinggi

Selain daging sebenarnya ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi bagi penderita kolestrol tinggi. Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dihindari.

  • Hati

Hati emngandung zat besi yang cukup tinggi dan memang baik dikonsumsi bagi yang menderita anemia. N amun makanan ini sangat pantang dikonsumsi jika anda menderita kolestrol tinggi. Perlu anda ketahui jika bagian pada hewan yang mana memiliki kolestrol cukup tinggi biasanya terletak pada bagian organnya.

  • Mentega

Mentega memang terkadang menjadi bahan pelengkap makanan yang sangat sulit untuk dilewatkan. Namun kandungan kolestrol di dalamnya cukup tinggi sehingga tidak baik untuk orang yang menderita kolestrol. Akan lebih baik jika menggantikannya dengan menggunakan minyak nabati.

  • Margarin

Sama halnya dengan mentega, margarin juga harus dihindari bagi penderita kolestrol tinggi. Seperti mentega, kandungan lemak jenuh di dalamnya begitu tinggi sehingga dapat memperburuk kondisi jantung.

  • Otak Sapi

Bagian dari jeroan ini harus dihindari oleh penderita kolestrol sejauh mungkin. Kandungan kolestrol di dalamnya dapat mencapai 2.3000 mg. sehingga meskipun lezat disantap namun akan membahayakan tubuh anda karena membuat kolestrol menjadi cepat meningkat.

  • Belut

Anda menyukai belut? Namun memiliki koletsrol yang tinggi? Sebaiknya hindari makanan ini jika anda ingin tetap sehat. Kandungan kolestrol di dalam daging belut dapat mencapai 185 mg/100 gr nya. Jika memang anda ingin mengkonsumsinya dengan aman maka hanya lakukan sesekali saja. Selain itu jangan lupa untuk banyak melakukan aktivitas fisik yang dapat membakar lemak.

  • Telur Puyuh

Meksipun ukurannya yang kecil, namun telur puyuh memiliki kolestrol yang sangat tinggi dan wajib dihindari bagi penderita kolestrol. Bahkan kolestrol di dalam telur puyuh melebihi dari makanan-makanan lainnya sekitar 3.640 mg. Hanya beberapa kali makan saja, kolestrol dalam tubuh bisa meningkat drastic.

  • Ayam Goreng

Makanan yang menjadi favorit banyak kalangan ini memang lezat dan dan menggugah selera. Sehingga tak heran jika banyak orang menyukainya. Namun daging ayam goreng memiliki kolestrol yang cukup tinggi dan tentunya berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus. Jika anda ingin mengkonsumsi ayam dengan cara yang lebih sehat, maka anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

  • Es Krim

Makanan yang menjadi hidangan penutup ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan lezat. Namun dibalik rasa lezatnya, kolestrol yang tinggi dapat menimpa anda jika mengkonsumsinya secara terus menerus. Hanya 1 cup eskrim saja mengandung kolestrol yang sangat tinggi bahkan dibandingkan dengan 10 donat sekalipun. Dibandingkan mengkonsumsi es krim untuk hidangan penutup, akan lebih baik untuk menggantinya dengan buah-buah yang segar.

  • Kuning Telur

Telur ayam memang sangat aman dikonsumsi bagi penderita kolestrol jika anda hanya memakan bagian putih telurnya saja. Namun bagian kuning telur ayam memiliki kandungan kolestrol yang tinggi dan wajib di ketahui penderita kolestrol.

Selain makanan-makanan diatas, ada beberapa makanan lainnya yang perlu diwaspadai karena memiliki kadar kolestrol yang cukup tinggi antara lain adalah:

  • Daging sapi berlemak
  • Gajih sapi
  • Daging babi berlemak
  • Keju
  • Udang
  • Kerang
  • Siput
  • Sosis daging
  • Santan
  • Susu Sapi
  • Coklat
  • Jeroan sapi/babi/kambing
  • Kerang putih/hitam
  • Dan masih banyak lainnya.

Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan anda. Sehingga mulai ubah pola hidup anda agar kolestrol di dalam tubuh dapat terkontrol. Untuk mengurangi kadar lemak jenuh yang ada di dalam tubuh, maka kurangi makanan-makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak dan berulang kali. Pengolahan yang baik dilakukan adalah dengan cara direbus atau dikukus. Jika anda ingin mengkonsumsi ayam, maka buang bagian kulit ayam sebelum akan diolah. Hal ini karena kandungan lemak yang tinggi terdapat pada bagian kulit ayam.

Menurut ahli kesehatan, bagi penderita kolestrol tinggi sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak serat seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur. Selain itu mulailah beralih dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh karena memiliki kolestrol dan lemak yang rendah. Anda bisa menemukan lemak tak jenuh pada minyak zaitun, minyak wijen, minyak bunga matahari, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan-ikanan. Nah itu tadi penjelasan mengenai boleh atau tidaknya penderita kolestrol tinggi mengkonsumsi daging. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.