8 Tanaman yang Mengandung Curcumin

8 Tanaman yang Mengandung Curcumin – Sejak ramenya kasus corona dan Indonesia sudah terdeteksi di Depok dinyatakan dua WNI positif corona karena melakukan kontak langsung dengan turis asal jepang, kabar ini menjadi perbincangan di berbagai media.

Para peneliti dunia pun sudah bergerak mencari obat untuk menangkal virus corona menyebar, Salah satunya Chairul Anwar Nidom, seorang peneliti dari Surabaya, Jawa Timur menemukan bahwa curcumin dapat menangkal virus corona. Zat curcumin ini tidak hanya ada di temulawak loh, ada 8 Tanaman yang Mengandung Curcumin yuk cari tahu apa aja tanaman di sekitar kita yang mengandung curcumin

Berikut adalah Tanaman yang Mengandung Curcumin:

Temulawak

Temulawak – sumber pixabay

Temulawak sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. pada Temulawak mengandung kurkuminoid, pati, minyak atsiri, selulosa, protein, lemak dan juga mineral. Temulawak biasa dijadikan obat antiradang, antimikroba, bisa juga menghambat pembengkakan, bisa juga manfaat temulawak untuk wajah agar selalu cantik dan lain sebagainya.

Meskipun temulawak merupakan obat herbal, tetapi konsumsinya tidak boleh sembarangan. Karena mengkonsumsi temulawak juga bisa menimbulkan efek negatif seperti iritasi perut dan mual.

Jahe

Jahe – sumber pixabay

Siapa yang tidak tahu jahe? jahe menjadi obat turun temurun untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Jahe menjadi salah satu tanaman yang disebut sebut dapat menangkal virus corona. Rasa pedas pada jahe dikarenakan mengandung senyawa keton bernama zingeron. Di Indonesia, jahe biasanya digunakan untuk bahan masakan atau biasa juga diseduh sebagai minuman.

Kunyit

Tanaman ini adalah tanaman asli Asia Tenggara. Tanaman ini biasanya digunakan untuk bumbu masakan atau dijadikan minuman untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit umumnya digunakan sebagai pewarna kuning alami pada makanan, atau sebagai pengawet. Ekstrak kunyit diproduksi sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul. Kunyit bermanfaat untuk mengatasi masalah perut khususnya pada lambung, merangsang dan melepaskan kelebihan gas di usus, mendinginkan badan, membersihkan dan menghentikan pendarahan, serta dapat mencegah penggumpalan darah

Kencur

Kencur adalah obat turun temurun yang digunakan dalam pembuatan obat herbal. Kencur ternyata juga mengandung zat curcumin loh sehingga dipercaya dapat menangkal virus corona. Tanaman kencur dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan sehingga mampu meredakan sejumlah gangguan seperti depresi, stres dan cemas.

Lengkuas

Lengkuas atau dijawa biasa disebut laos atau kelawas adalah bahan dapur yang biasa digunakan sebagai campuran masakan tradisional di Indonesia. Siapa mengira ternyata lengkuas juga mengandung curcumin sehingga jadi salah satu tanaman yang dapat menangkal virus corona.
Selain curcumin ternyata lengkuas juga mengandung flavonoid dan mineral penting lain untuk tubuh sehingga wajar jika manfaat dari lengkuas ini sangat banyak. Selain corona lengkuas juga dipercaya dapat melawan kanker, meningkatkan jumlah sperma, mengatasi masalah percernaan dan masih banyak lagi.

Bawang Putih

Bawang Putih – sumber Pixabay.com

Bumbu masakan wajib yang ada didapur masyarakat di Indonesia ini tak disangka juga menjadi salah satu bahan yang mengandung curcumin. Bawang putih sudah terkenal dalam menurunkan kolesterol dan mengendalikan tekanan darah selain itu bawang putih juga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan resiko kanker. Dengan penelitian terbaru mengenai corona menambah manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh.

Serai / Sereh

Serai atau Sereh ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti vitamin B, kalium, magnesium dan zat besi. Menurut Nidom, sereh adalah salah satu tanaman yang mengandung curcumin sehingga bisa dijadikan sebagai penangkal virus corona.

Sereh dapat membuat cita rasa pada makanan dan minuman menjadi lebih lezat ini ternyata juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh. Untuk menangkal virus corona, masyarakat di himbau untuk rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung curcumin, misalnya teh sereh. Meskipun serai termasuk obat herbal perlu digaris bawahi konsumsi sereh tidak boleh berlebihan sebab dapat menimbulkan efek buruk juga.

Ginseng

Ginseng sudah terkenal di pengobatan dunia dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan flu serta menghilangkan stress. Ginseng juga mengandung curcumin yang bisa mengatasi permasalahan virus corona.

Demikian 8 tanaman yang mengandung curcumin semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan mengenai masalah corona semoga segera dapat diatasi dan seluruh  rakyat Indonesia selalu diberi kesembuhan dan penyakit berbahaya.