6 Obat Asam Lambung Tradisional yang Ampuh

Obat Asam Lambung Tradisional yang Ampuh – Penyakit Asam Lambung adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan jumlah zat asam di dalam lambung. Lambung memang mengeluarkan zat asam untuk melakukan proses pencernaan, tetapi pada penyakit asam lambung asam yang dikeluarkan berlebihan hingga dapat menyebabkan dinding lambung tidak kuat. sehingga akan muncul rasa sakit.

Asam lambung adalah penyakit yang umum diderita banyak orang kota di masa kini, ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat dan tingkat stress yang cukup tinggi. Gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menyebabkan asam lambung seperti makan makanan sangat pedas karena lagi trend, telat makan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan dan masih banyak lagi.

Penyebab Asam lambung juga bisa dipicu karena stress, saat ini orang yang tinggal di kota memiliki tingkat stress yang cukup tinggi karena tekanan pekerjaan yang mewajibkan harus terus bersaing. Selain itu juga bisa karena stress yang dipicu rasa khawatir, khawatir akan masa depan, khawatir dipecat dari pekerjaan, khawatir tidak bisa menghidupi keluarga dan macam-macam alasan lainnya.

Gejala Asam Lambung yang kerap muncul bisa dilihat dari hilangnya nafsu makan, rasa mual dan muntah, bisa juga dilihat dari kehilangan berat badan yang cukup drastis, sering merasa kembung di ulu hati dan perut bagian kiri atas terasa perih. Nah untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan beberapa macam obat tradisional asam lambung dibawah ini :

Temulawak

temulawak sebagai obat asam lambung
Temulawak – sumber pixabay

Temulawak adalah obat tradisional yang sudah turun temurun dapat mengobati banyak penyakit salah satunya adalah penyakit asam lambung. Ini karena temulawak adalah salah satu tanaman yang mengandung kurkumin, glikosida, kalium, karbinol, oksalat dan protein serta zat zat lain yang dipercaya dapat menyembuhkan asam lambung.

Cara membuatnya cukup mudah bisa dengan cara merebus temulawak dengan air secukupnya dan diminum airnya, lakukan ini setiap hari. Bisa juga dengan cara memotongnya kecil kecil dan tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari, setelah kering rebus beberapa irisan temulawak dan minum airnya bisa juga ditambahkan madu agar lebih nikmat.

Kunyit

Kunyit adalah bahan dapur berikutnya yang dipercaya juga dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung. Ramuan kunyit biasanya dicampur dengan ramuan temulawak agar hasilnya bisa maksimal. Kunyit mengandung caffedacid yang memberikan efek antiradang dan antibakteri.

Cara membuatnya juga hampir sama dengan temulawak dengan cara diiris tipis tipis lalu dijemur dibawah sinar matahari, setelah itu direbus bisa barengan dengan irisan temulawak lalu di minum airnya. Untuk lebih nikmat bisa dicampur dengan sedikit madu.

Jahe

jahe sebagai obat asam lambung
Jahe – sumber pixabay

Jahe adalah bahan tradisonal selanjutnya yang dapat mengatasi masalah asam lambung, ini karena jahe mengandung anti inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi di lambung.

Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, cukup geprek jahe lalu dimasak atau di campur dengan air panas dan tambahkan madu / gula agar lebih nikmat.

Madu dan Lemon

Madu adalah ramuan ajaib yang dapat membunuh bakteri jahat dan kaya anti oksidan. Madu juga mengandung anti inflamasi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di lambung. Sedangkan perasan air lemon meskipun bersifat asam tetapi dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida pada lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka.

Untuk membuatnya cukup mudah campur 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat minum tiap pagi hari saat perut kosong.

Pati Garut

Pati garut atau tepung garut adalah tepung bebas gluten berbahan dasar dari ekstrak pati tanaman garut atau ararut (Maranta arundinacea L.). Pati garut memang sudah menjadi makan turun temurun sejak jaman nenek moyang kita dalam mengatasi permasalahan di sistem pencernaan.

Caranya cukup menjadikan pati garut sebagai bubur dan dikonsumsi dengan campuran madu atau gula agar lebih nikmat.

Oatmeal

Oatmeal adalah biji-bijian sehat yang kaya akan serat dan mineral, oatmeal dapat bermanfaat mengatur pencernaan dengan baik, ini karena kadar alkalinya bisa mengatasi peradangan di lambung.

Cara mengkonsumsinya cukup jadikan oatmeal sebagai sarapan tiap hari, Bisa juga ditambahkan beberapa buah buahan yang tidak bersifat asam bisa juga dicampur susu dan madu.