10 Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

10 Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil – Kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu setiap pasangan, bagaimana tidak, mempunyai seorang keturunan atau anak-anak yang lucu merupakan kebahagiaan tersendiri. Namun, beberapa pasangan tidak bisa mendapat keturunan karena berbagai macam hal, seperti pada umumnya yang terjadi adalah karena gaya hidup yang tidak  teratur dan berbagai macam masalah lainnya.

Seperti yang kita ketahui kehamilan itu terjadi pada wanita dan beberapa faktor tertentu bisa mencegah ataupun menghalangi terjadinya kehamilan pada wanita.

Beberapa faktor Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil tersebut antara lain :

Menopause dini

Berhentinya proses menstruasi atau disebut menopause dalam usia sebelum 40 tahun merupakan hal yang akan menghalangi sebuah kehamilan, menopause dini ini sendiri bisa disebabkan oleh radiasi yang memicu dan mengganggu kekebalan tubuh seorang perempuan.

Terdapat kerusakan pada saluran telur (Tuba)

Meradangnya saluran tuba karena penyumbatan atau adanya jaringan perut dapat mempengaruhi kesuburan. Biasanya hal ini disebabkan oleh penyakit menular seksual yang disebut klamida atau juga dapat disebabkan oleh penyakit  panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Dalam kondisi ini akan terjadi produksi hormon androgen yang bisa mengganggu kesuburan pada wanita. Ketidakseimbangan ini yang bakal menyebabkan PCOS mengalami masalah dengan ovulasi dan bahkan akan mengganggu siklus datang bulan. Jika mengalami PCOS ada sedikit tips Cara Cepat Hamil untuk Penderita PCOS yang bisa Anda baca semoga bisa bermanfaat.

Endometriosis

Gangguan pada indung telur, telur, saluran telur, fungsi sperma dan juga rahim yang disebabkan oleh tumbuhnya jaringan rahim di bagian luar rahim. Tapi, tidak semua yang mengalami masalah seperti ini akan terganggu kesuburannya. Untuk Anda yang mengalami Endometriosis bisa baca Tips Cara Cepat Hamil Bagi Penderita Endometriosis dari resepsehat.co.id.

Ovarium Jaringan Parut

Kerusakan pada fisik ovarium dapat mengganggu proses ovulasi, hal ini biasanya disebabkan karena sebelumnya telah dilakukan pembedahan pada kasus penyakit kista ovarium. Operasi konstan yang lebih luas bakal menyebabkan terjadinya jaringan perut, folikel yang menempel bakal menyebabkan proses ovulasi yang tidak lengkap.

Adhesi Pelvis

Ini juga merupakan salah satu jaringan perut, namun penyebabnya berbeda yaitu karena operasi pada panggul yang pernah dilakukan sehingga mengganggu kesuburan pada wanita.

Masalah tiroid

Hal ini disebabkan karena munculnya kelenjar tiroid yang abnormal dan terlalu aktif (disebut juga Hipertitodisme), pada kondisi sebaliknya bahwa ada juga yang disebut tiroid hipotorodisme dimana menyebabkan kelenjar tiroid tidak aktif. Kedua masalah ini bakal mengganggu kesuburan.

Pengobatan kanker

Operasi radio terapi yang biasa dilakukan pada penyakit kanker akan mengganggu sistem reproduksi pada pada wanita maupun pada pria. Dari penelitian para ahli, hal ini menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan karena radiasi.

Gaya hidup

Gaya hidup juga tidak terlepas dari masalah kehamilan, mungkin saja anda susah untuk hamil karena sebelumnya anda adalah pecandu rokok, minum alkohol, atau suka mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat. Perhatikan juga saat anda mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya hubungi dokter jika anda ingin mengkonsumsi obat-obatan jangan sampai itu akan mengganggu kesuburan anda.

Faktor usia

Faktor usia juga mempengaruhi kesuburan dan menyebabkan susah untuk hamil, wanita yang telah menginjak usia 40 tahun akan lebih susah hamil. Hal ini karena jumlah sel telur yang dimilikinya semakin melemah, kurang sehat, dan berkurang jumlahnya dan juga resiko keguguran pada usia ini akan makin tinggi.

Demikianlah tadi beberapa diantaranya Penyebab Wanita Sulit Hamil, meski demikian ini tidak mutlak menjadi penyebab tersebut. Sebagai orang yang beragama kita juga harus percaya akan kuasa Tuhan. Maka dari itu, rajinlah berdo’a dan beribadah agar kita diberi keturunan. Ingat! tidak ada yang dapat mengalahkan kehendak Tuhan, ketika Dia berkata anda hamil, pasti anda hamil, meskipun dokter memvonis anda tidak bisa hamil lagi. Semoga bermanfaat!